Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Selasa, 17 Desember 2019

Bupati Tuban : DIPA APBN Tahun 2020 Harus Diserap Mulai Awal Tahun

Tuban, SNN.com - Bupati Tuban, H. Fathul Huda menyerahkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran ( DIPA ) Petikan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara ( APBN ) wilayah Kabupaten Tuban tahun anggaran 2020, Selasa ( 17/12/2019 ).

Total alokasi DIPA APBN tahun 2020 sejumlah 2,248 triliun, terdiri dari DIPA Kementerian / Lembaga sebesar Rp 401 Miliar dan transfer ke Daerah dan Dana Desa ( DD ) sebesar Rp1,847 Triliun.

Penyerahan DIPA tahun 2020 ini bersamaan dengan evaluasi Pelaksanaan Anggaran tahun 2019 di Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara ( KPPN ) wilayah Kabupaten Tuban. Turut hadir pada kegiatan ini anggota Forkopimda Kabupaten Tuban dan pimpinan instansi vertikal.

Dalam sambutannya, Bupati Tuban menyatakan agar DIPA APBN tahun 2020 yang di alokasikan dapat di serap di awal tahun 2020. Hal ini agar masyarakat dapat segera menikmati hasil pembangunan dengan lebih cepat.

“ Pembangunan berjalan baik, di barengi pelayanan masyarakat lebih baik dan manfaat Dana Pemerintah ( APBN ) dapat di rasakan masyarakat,” paparnya.


Bupati juga berharap, semua proyek pembangunan yang di kerjakan harus membawa dampak positif terhadap peningkatan pertumbuhan ekonomi.
Dengan demikian kegiatan Pemerintah atau proyek mampu mendukung upaya menekan angka kemiskinan di Bumi Wali.

Selain itu, pemanfaatan dana DIPA dapatnya di manfaatkan secara efisien dan tepat guna sesuai dengan prinsip - prinsip good governance. 

Lebih lanjut di sampikan, pemanfaatan DIPA tahun 2020 hendaknya sesuai dengan 5 program prioritas Nasional, diantaranya; Pembangunan manusia dan pengentasan kemiskinan, infrastruktur dan pemerataan wilayah, nilai tambah sector riil, industrialisasi dan kesempatan kerja, ketahanan pangan, air, energy, dan lingkungan hidup, serta stabilitas pertahanan dan keamanan.

“ Kelima prioritas nasional di dukung oleh Kementerian / Lembaga dan melalui penetapan program maupun kegiatan pembangunan prioritas,” papar orang nomor satu di Kabupaten Tuban ini.

Penyerahan DIPA di tingkat Kabupaten Tuban menjadi tindak lanjut dari penyerahan DIPA tahun 2020 oleh Presiden RI kepada seluruh pimpinan Lembaga Negera, Menteri, dan Gubernur yang selanjutnya di serahkan kepada Bupati / Walikota se - Jawa Timur.
Sementara itu, Kepala KPPN wilayah Kabupaten Tuban, Yuli Kestiyanti menerangkan pada tahun 2020, total APBN di rencanakan sebesar Rp 2.540,4 Triliun.

Provinsi Jawa Timur mendapat alokasi belanja Pemerintah Pusat sebesar Rp 49,243 triliun dan transfer ke Daerah dan Dana Desa sebesar Rp79,316 Triliun.

“ Kabupaten Tuban mendapatkan alokasi sebesar Rp 2,248 Triliun. Dokumen DIPA Petikan tahun 2020 ini di serahkan kepada Kuasa Pengguna Anggaran ( KPA ) sebanyak 25 DIPA yang di alokasikan untuk satuan kerja lingkup wilayah pembayaran KPPN Tuban,” terang Yuli Kestiyanti.

Yuli juga menambahkan, tahun 2020 ini menjadi tahun pertama pelaksanaan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional ( RPJMN ) tahun 2020 - 2024. Pada tahap pertama menuju visi tersebut, prioritas pembangunan di arahkan untuk memperkuat pondasi daya saing.
“ Kebijakan fiskal juga akan di arahkan untuk mendukung akselerasi daya saing melalui inovasi dan penguatan kualitas sumber daya manusia,” terangnya.

Pada kesempatan ini, juga di serahkan penghargaan kepada satuan kerja dengan Kinerja Pelaksanaan Anggaran Terbaik tahun 2019. Juga dilakukan penandatangan pakta integritas antara Kepala KPPN Tuban dengan KPA yang di saksikan langsung Bupati Tuban.

Reporter : Agus
Editor      :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"