Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Selasa, 26 November 2019

AKBP Roy Satya Putra. S.I.K., M,H Resmi Jadi Kapolres Kubar

Kutai Barat SNN.com - Pergantian kapolres lama AKBP I Putu Yuni S. S.I.K., M,H kepada kapolres baru AKBP Roy Satya P. S.I.K. M,H dilakukan secara ritual tradisi dayak Tunjung Benuaq di kecamatan Barong Tongkok Kabupaten Kutai Barat Kaltim. 26/11/2019.

Upacara penyambutan kedatangan kapolres baru melalui prosesi ritual disebut Tepong Tawar dan disambut penari Sanggar Seni Linoh Luur Laur Lasih yang dikenal dengan sebutan (4L) di bawah pimpimpinan Betty Parera dengan jumlah penari 13 orang. Sejumlah penari ini terdiri dari remaja belia yang masih duduk di bangku sekolah, mereka menari di jalan poros depan kantor Mapolres Kubar untuk menyambut kedatangan Kapolres Kubar yang baru.


Selain disambut dengan kesenian tradisionil tarian Gantar, juga di hadiri ketua Lembaga Adat Kabupaten (LAK) Kutai Barat Manar Dimansyah Gamas didampingi sejumlah tokoh adat lainnya yang bertugas untuk memandu jalannya ritual Tepong Tawar persis depan Mapolres Kubar. Acara penyambutan kapolres baru Roy Satya Putra. dihadiri seluruh Kapolsek di 16 kecamatan se Kutai Barat.

Nampak istri tercinta Ny. Olin Roy mendampingi suami saat mengikuti ritual adat merupakan warisan leluhur yang perlu di jaga dan diteladani serta di lestarikan sebagai ke aripan lokal.

Reporter : Johansyah
Editor      : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"