Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Rabu, 27 November 2019

Proyek Peningkatan Jalan Poros Desa Di Widang - Tuban, Terindikasi Tidak Sesuai Spesifikasi Teknik

Tuban, SNN.com - Proyek Peningkatan Jalan Poros Desa di Desa Banjar - Desa Tegalsari - Desa Kedungharjo Kecamatan Widang Kabupaten Tuban, terindikasi tidak sesuai spesifikasi teknik yang telah di rencanakan.

Proyek yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah ( APBD ) 2019, dengan Leading Sector Dinas PUPR Kabupaten Tuban tersebut, di dapati tidak memasang plang papan nama proyek. Tentunya hal ini mengidentifikasikan kurang transparaninya proyek yang di biayai oleh Negara.

Ada beberapa temuan dalam pelaksanaan proyek tersebut, yang diduga tidak sesuai dengan spesifikasi teknik. Sebagaimana yang ada di Rencana Anggaran Biaya ( RAB ) pada khususnya. Dan perjanjian kontrak kerja pada umumnya.

Penelusuran Wartawan SNN.com di lapangan, di sinyalir tidak sesuai spesifikasi teknik meliputi item hotmix. Di dapati ketebalan hotmix yang diduga hanya 2,65 cm dari yang seharusnya ketebalan hotmix 3 cm.


Dengan pekerjaan yang terindikasi tidak sesuai spesifikasi teknik tersebut, di kawatirkan akan mempengaruhi umur proyek di kemudian hari. Pelaksana proyek tersebut diduga merugikan keuangan Negara. Dan tentunya juga merugikan masyarakat.

Di butuhkan pengawasan yang optimal dari semua pihak yang berkompeten. Baik dari Konsultan Pengawas, pihak intern Dinas PUPR maupun DPRD Tuban yang salah satu tupoksinya adalah  "pengawasan ". Agar kepercayaan masyarakat terhadap birokrasi pemerintah senantiasa tetap terjaga.

Proyek Negara bersifat Collective Collegial artinya semua pihak harus bekerja bersama - sama. Dan resiko apapun yang terjadi, semua harus ikut bertanggung jawab. Di samping itu, proyek Negara adalah sebuah amanah dari rakyat, dari hasil pembayaran pajak yang di pungut dari rakyat.

Saat Wartawan SNN.com akan konfirmasi terkait hal ini, pihak pejabat Dinas PUPR tidak ada di tempat. Menurut salah satu stafnya," Bapak jam segini sudah di lapangan mas,' pungkasnya, Selasa (26/11/2019).

Reporter : Agus
Editor      : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"