Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Minggu, 17 November 2019

Pelantikan Ketua Pengurus Cabang Himpaudi Kecamatan Se - Kabupaten Tuban Di Hadiri Bupati

Tuban, SNN.com - Bupati Tuban H. Fathul Huda hadiri pelantikan Ketua pengurus Cabang Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia ( Himpaudi ) Kecamatan se - Kabupaten Tuban, di Pendopo Kridho Manunggal Tuban, Sabtu,( 16/11/2019 ).

Hadir juga dalam acara pelantikan tersebut Ketua TP PKK Kabupaten Tuban Qodiriyah Fathul Huda, Ketua Dharma Wanita Persatuan ( DWP ) Kabupaten Tuban Sri Rahayu Budi Wiyana,  Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tuban, Ketua Pengurus Wilayah Himpaudi Jawa Timur, dan Pengurus Himpaudi Tuban.

Dalam sambutannya, Bupati Huda mengucapkan selamat kepada seluruh anggota yang telah di lantik. Ia berpesan agar para pengurus Himpaudi Kecamatan dapat menjalankan amanah dengan sebaik - baiknya. Beliau sangat memuji kemandirian yang melekat dalam organisasi Himpaudi selama ini.

Menurutnya, Himpaudi adalah organisasi paling mandiri dan bekerja tidak berorientasi pada materi. " Belum ada organisasi se - Mandiri Himpaudi, semua anggotanya bekerja tanpa pamrih. Keistimewaan nya adalah kemandirian nya yang luar biasa," puji orang nomor satu di Tuban ini.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati juga mengajak para Guru Paud yang hadir dan tamu undangan untuk bersama bernyanyi lagu " Kasih Ibu ".

Bupati mengatakan, jika lagu tersebut sangat tepat untuk para guru Paud." Saya selalu kagum dan berterima kasih kepada anda semua, lagu ini rasanya sangat pantas dan cocok untuk menggambarkan anda semua. Semoga Allah meridhoi dan mencatat amal anda semua sebagai amal sholeh, atas apa yang dilakukan oleh guru - guru Paud selama ini, yaitu mengerti, mengamalkan, dan mengajarkan ilmu kepada anak - anak," jelas Bupati.

Bupati juga berpesan, agar para guru selalu mencintai anak didiknya sepenuh hati. Bukan hanya mengajar secara  profesional tetapi membangun hubungan batin antara guru dengan anak murid." Berikanlah cinta yang tulus untuk anak didik, seperti ibu - ibu mencintai anak sendiri. Selalu menyebut murid dalam setiap doa agar menjadi amalan jariyah, nanti pasti kita akan mendapat imbalannya dari Allah," terang Bupati.

Ia menambahkan, keistimewaan menjadi guru adalah di doakan selalu oleh anak murid, terlebih jika memiliki ikatan batin atau hubungan baik dengan anak murid.


Di kesempatan yang sama, Bupati juga menjelaskan tentang tantangan pendidikan saat ini. menurutnya, tantangan pendidikan di Indonesia adalah belum mampu berbuat atau mengimplementasikan.' Kita banyak ilmu tapi belum bisa di aplikasikan. Sehingga, meskipun penduduk kita besar, tetapi kualitas pendidikan masih rendah," ujarnya.

Untuk itu, tak hanya mengajarkan tentang ilmu pengetahuan, tetapi guru perlu  mengajarkan anak - anak tentang kemandirian. Bagaimana mengubah orientasi berfikir anak agar mau menjadi mandiri, dan pemberani, juga peduli terhadap sesama." Ketiga hal ini penting. Saat ini banyak sarjana pintar lulusan Perguruan tinggi terbaik se - Indonesia, dan 95 persennya kebanyakan masih ingin menjadi pegawai, hanya 5 persen saja yang mau mandiri, berani untuk menjadi pengusaha, membuka lapangan kerja. Hal ini yang perlu kita perbaiki," paparnya.

Untuk itu, mempersiapkan dari sekarang generasi muda Indonesia termasuk Tuban agar bisa bersaing di tahun 2045, di mana Indonesia memiliki bonus demografi. manfaatnya, akan banyak generasi emas yang bisa menjadi SDM unggul untuk membangun Bangsa." Makanya, kita perlu  membangun  karakter anak sejak dini agar generasi emas ditahun 2045 dapat tercapai. Dan ini adalah tugas para Guru Paud," papar Bupati.

Sementara itu, Ketua Pengurus Daerah Himpaudi Kabupaten Tuban Sutiarsih SPd MPd, mengatakan, Himpaudi akan terus berjuang untuk memajukan pendidikan Indonesia. Meskipun Guru  Paud belum ada kesetaraan, tetapi Himpaudi tetap tegar dan akan selalu  profesional." Memang sampai saat ini ketentuan Guru Paud belum ada kesetaraanya, tapi kita tidak boleh putus asa, kita harus tetap bersemangat mendidik anak - anak usia dini Indonesia," terang Sitiarsih.

Ia juga menyampaikan, kepengurusan Himpaudi Kabupaten masa bakti 2019 - 2023, yang telah  di lantik 12 November kemarin  oleh Pengurus Himpaudi Jawa Timur akan  terus meningkatkan kinerja dan program yang telah di susun. Ia juga berpesan, Pengurus Himpaudi Kecamatan yang baru di lantik untuk  siap melaksanakan tugas dengan baik." Mari kita tingkatkan sinergi kita untuk Himpaudi lebih jaya," jelasnya.

Selain itu, Ketua Pengurus Wilayah Himpaudi Jawa Timur Agus Setiawan SPd, juga berpesan agar Himpaudi Tuban juga terus meningkatkan sinergi dengan pengurus Jawa Timur dan Pusat," Mari meningkatkan sinergi kita. Semoga kegiatan dapat berjalan sesuai yang di rencanakan," kata Agus.

Reporter : Agus
Editor      : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"