Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Rabu, 27 November 2019

Bupati Lamongan Tantang Dinas Perikanan Dan Kelautan Untuk Membuat Inovasi Saat Hadiri Peringatan Hari Ikan Ke - 6

Lamongan, SNN.com - Dalam memperingati hari ikan nasional ke 6 bupati Lamongan, Fadeli menantang dinas perikanan dan kelautan untuk membuat inovasi meningkatkan konsumsi ikan.Tantangan itu disampaikan saat Peringatan Hari lkan Nasional ke-6,di Kantor Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Lamongan,Selasa (26/11/2019).

Komoditi lkan merupakan makanan rendah lemak, tapi mengandung omega 3 serta tinggi protein untuk kualitas tumbuh kembang, terutama dalam mengatasi stunting,”ungkap fadli

Fadli juga memaparkan saat ini tingkat konsumsi ikan di Lamongan mencapai 48,27 kilogram per kapita dan sudah berada di atas angka nasional, yaitu 47,3 kilogram per kapita. Namun Fadeli berharap, angka itu bisa ditingkatkan sehingga bisa di atas angka Jawa Timur yang mencapau 50 kilogram per kapita.

Masih Fadeli, berharap agar peringatan Hari Ikan Nasional ini dilakukan di wilayah-wilayah yang tingkat konsumsi ikannya masih rendah.Tidak hanya dilakukan di perkotaan saja,” tuturnya.

Sementara itu Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Lamongan, Heruwidi mengatakan, saat ini pihaknya sudah memiliki sejumlah program prioritas pada 2020. Terutama untuk mendorong masyarakat agar gemar makan ikan.

Tutur Heru Widi menambahkan, Mulai dari revitalisasi Balai Benih Ikan di Kalen untuk meningkatkan penyediaan benih ikan berkualitas, menebar benih ikan di sungai, waduk, dan rawa untuk meningkatkan konsumsi ikan, serta peningkatan sumber daya manusia kelompok pembudidaya dan pengolah ikan.

Berkaitan dengan hari ikan (bandeng tombro, bader) warga masyarakat petani tambak mengeluhkan tiap kali musim panen raya ikan harga jualnya turun drastis dan harapan  warga masyarakat kepada pemerintah setempat supaya ada tindakan kongkrit untuk menstabilkan harga sehingga petani tambak bisa sejahtra (ujar warga)

Reporter : Suciono
Editor     : AWI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"