Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Selasa, 19 November 2019

Donatus : Transparan, Pengelolaan Keuangan Desa Hangur

Kota Langgur, SNN.com - Pengelolaan keuangan Pemerintah Ohoi (desa) Hangur Kecamatan Kei Besar Utara Barat Kabupaten Maluku Tenggara dilaksanakan secara transparan karena keuangan ini adalah milik masyarakat. Hal itu ditegaskan Pejabat Kepala Ohoi (desa) Hangur Donatus Rado kepada wartawan koran ini di Ruang kerjanya pekan kemarin.

"Program kerja pemerintah Ohoi  baik fisik maupun non fisik yang sumber pembiayaannya berasal dari dana Ohoi( desa) maka pejabat dan perangkat Ohoi menyampaikan secara transparan kepada masyarakat. Artinya program kerja beserta pembiayaannya itu dipublikasikan didepan umum sehingga mempermudah masyarakat untuk mengawasinya," ungkapnya.

Dikatakannya, pola kepemimpinan yang diterapkan di desa Hangur Kecamatan Kei Besar Utara Barat ini merupakan pengalaman yang didapat saat dirinya mengikuti bimbingan teknis dan study banding kepala desa di Bogor beberapa waktu lalu.

Kegiatan study banding itu kata Donatus lagi  bahwa memiliki manfaat yang sangat besar.  Dengan demikian pengalaman itu dapat diterapkan dalam mengelolah pemerintahan,pembangunan dan pelayanan bagi masyarakat Ohoi. Bahkan melaksanakan pemerintahan yang transparan itu adalah perintah uandang- uandang yang wajib hukumnya dilaksanakan oleh aparatur pemerinrah termasuk pemerintah Ohoi ( desa) yang mengelolah keuangan negara.


Pejabat Kepala Desa Hangur ini kembali menjelaskan bahwa dalam tahun anggaran 2019 ada tiga program fisik yang jadi skala prioritas diantaranya  Pembangunan Rabat Beton Ohoi sepanjang 150 meter,Pembangunan Drainase sepanjang 950 meter serta Pembangunan Talud Penahan Pantai sepanjang 150 meter.

" Semua Pekarjaan fisik ini dikerjakan oleh warga masyarakat setempat dan diawasi langsung oleh Perangkat Ohoi. Katena itu Pejabat Kepala Desa Hangur ini yakin kalau tiga pekerjaan fisik tersebut berkualutas dan dapat dipertanggungjawabkan," tegas Pejabat Kepala Ohoi Hangur.

Pejabat Kepala Ohoi Hangur Donatus Rado kembaki mengatakan, pada akhir tahun 2019 ini, dirinya nenyampaikan laporang pertanggungjawaban kinerjanya termasuk penggunaan dana Ohoi itu  kepada masyarakat.

Reporter : Buyung
Editor     : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"