Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Rabu, 20 November 2019

Kodim 1503/Tual Gelar Baksos di Aru

Kepulauan Aru, SNN.com - Kodim 1503/Tual kembali menggelar Bakti Sosial berupa Pelayanan Kesehatan dan KB di Kota Dobo, Kabupaten Kepulauan Aru, Selasa (19/11).

Damdim 1503 Tual, Letkol Arh Yoyo Karyo, S.IP., M.Tr (Han) dalam acara pembukaan kegiatan tersebut mengatakan, bakti sosial kesehatan yang digelar Kodim 1503/Tual hari ini merupakan rangkaian pelaksanaan pembinaan terpadu.

"Ini program Angkatan Darat di seluruh Indonesia yang berjumlah hampir 300 lebih melaksanakan kegiatan Binter secara serentak," ujarnya.

Lanjut dia, kegiatan ini juga digelar dalam rangka menyongsong Hut Juang Kartika ke - 74 di bulan Desember 2019 ini.


Sementara Bupati Kepulauan Aru, Johan Gonga mengatakan bahwa Seperti yang kita ketahui bersama bahwa Bhakti Sosial Pelayanan KB Kesehatan dalam rangka kegiatan Binter Terpadu Tahun 2019, adalah merupakan salah satu kegiatan rutin yang secara berkala dapat dilakukan oleh Kodim 1503 Tual.

“Kegiatan ini merupakan sebuah upaya TNI untuk membantu Pemerintah dalam upaya menganggulangi kesehatan ibu dan anak, serta melakukan tindakan pencegahan Gizi buruk, perbaikan Gizi, pembinaan usia Pasutri Subur, Peningkatan Usia KB yang produktif, serta monitoring dan evaluasi tentang pelaksanaan Program Nasional Keluarga Berencana bagi masyarakat,” kata Bupati saat membuka kegiatan tersebut.

Bupati berharap, kegiatan ini bukanlah sebuah selebrasi sosial tanpa makna, tetapi lebih dari itu Bakti Sosial TNI di Kota Dobo, dapat membangun jejaring kerjasama yang akan menghasilkan formula yang dapat mendorong terwujudnya ketahanan keluarga sebagai kekuatan mendasar dalam rangka mewujudkan ketahanan nasional.


Pantauan Sorot Nuswantoro News, kegiatan baksos yang difokuskan di Puskesmas Siwa Lima Dobo mendapat sambutan hangat dari pemerintah daerah setempat.
Terlihat pula antusias masyarakat dalam kegiatan ini cukup tinggi. Faktanya, animo masyarakat yang hadir untuk mengikuti pemeriksaan dan pengobatan gratis ada 185 orang.
Dari data yang diperoleh tercatat, pasien Umum 168 orang, pasien sakit gigi  5 orang, dan pasien KB 12 orang.

Beberapa pasien saat diminta pendapat terkait pelayanan kesehatan yang dilakukakn oleh Kodim 1503/Tual mengaku sangat terbantu.

"Katong (Kami) senang dan sangat terbantu dengan kehadiran katong pung bapa tentara hari ini. Katong dilayani dengan baik, baru dapat obat gratis lagi,"ujar mereka dengan senyum.

Reporter : Nus Yerusa
Editor      : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"