Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Selasa, 29 Desember 2020

Bangun Ekonomi Rakyat Bersama Bank Sampah, Harapan Baru di Desa Karanganyar


Probolinggo, SNN.com - Dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat terhadap penanganan sampah yang ramah lingkungan serta untuk mendorong terbentuknya bank sampah Wilayah Kecamatan Paiton, khususnya di Desa Karanganyar, serta Warga Desa Karanganyar di harapkan mampu memanfaatkan sampah menjadi lebih bermanfaat dan berguna dari segi ekonomi. Bahkan, dari sampah mereka menjadikannya sebuah bank yang lebih di kenal dengan sebutan bank sampah, Selasa (29/12/2020) 

PJ Desa Karanganyar Paiton (Eko Sumendi) mengatakan, Kabid Pengelolaan Sampah menyampaikan materi tentang Kebijakan Pemerintah dalam Pengelolaan Sampah, tentang Pengelolaan Sampah dengan prinsip 3R.
 
"Pemateri terakhir yaitu Ketua Komunitas Bank Sampah menjelaskan mengenai Proses Pembentukan Bank Sampah, "terangnya.

Berdasarkan data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) di sebutkan bahwa sumber utama sampah nasional 
yaitu 36% dari kegiatan rumah tangga.


Oleh karena itu, pendekatan pengelolaan sampah harus di lakukan pada sumbernya dan berbasis partisipasi masyarakat.
 
"Caranya dengan menerapkan prinsip 3R yakni Reduce, Reuse dan Recycle melalui pembangunan Bank Sampah di permukiman masyarakat, "ungkapnya Eko Sumedi. 

Pengelolaan sampah dengan sistem bank sampah di harapkan mampu membantu pemerintah dalam mengatasi permasalahan sampah, sekaligus juga memberikan dampak sosial, ekonomi dan lingkungan.

Kami selaku Pj Kepala Desa Karanganyar sudah menganggarkan untuk sarana pelatihan di tingkat RT Maupun RW sehingga masyarakat Desa Karanganyar khususnya mendapatkan sarana pelatihan Tim pengolahan sampah dari kabupaten probolinggo, "imbuh nya.

Harapan kami terobosan baru di Desa Karanganyar ini di harapkan mampu mendongkrak perekonomian masyarakat di Desa Karanganyar sehingga masyarakat tidak jenuh dan mudah mendapat penghasilan di tengah pandemi Covid-19 yang melumpuhkan perekonomian masyarakat Indonesia, "pungkasnya.

Reporter : Slamat B
Editor      : Hari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"