Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Minggu, 20 Desember 2020

KBR Ngelo Lestari Distribusikan Bibit Sengon dan Akasia Kepada Petani Petir


Gunungkidul, SNN.com - Kelompok Tani Ngelo Lestari dusun Ngelo, Kalurahan Petir, Kapanewon Rongkop, Gunungkidul, D.I.Yogyakarta memdistribusikan dua jenis bibit tanaman keras berupa Sengon dan akasia mangenium kepada petani di kalurahan Petir. Pembagian bibit jenis tanaman kayu ini dimulai sudah sejak tanggal 8 Desember 2020, hingga 20desember 2020 secara bertahap.

Kelompok tani Ngelo Lestari yang menangani Kebun Bibit Rakyat(KBR) menyemai kedua jenis bibit kayu sengon dan akasia ini sebanyak 30.000 bibit. Penyemaian dilakukan pada bulan Agustus 2020 yang lalu dilahan milik anggota kelompok di bulak Gempalang, Nglaru dusun Ngelo,Petir, Rongkop, Gunungkidul, D.I Yogyakarta. Semua kegiatan ini dibiayai oleh kementrian Kehutanan  yang disalurkan melalui BPDAS Daerah Istimewa Yogyakarta dengan anggaran sebanyak Rp.50.000.000,-.

Menurut ketua kelompok tani Ngelo Lestari Drs.Sutrisno, pendistribusian bibit sengon dan akasia ini diberikan langsung pada kelompok tani dikalurahan Petir utamanya yang meliputi 5 blok lahan pertanian. Diantaranya ialah dusun Ngelo, Dusun Petir C, Dusun Siyono A, Weru dan Petir B dengan jumlah berwariasi tergantung luasan lahan yang bakal ditanami kedua jenis tanaman tersebut.


Bulan Desember seperti ini, menurut perhitungan petani sangat tepat untuk menanam jenis bibit kayu,karena selain curah hujan masih banyak, juga sudah tidak banyak hama seperti rayap atau oret. Jika tanaman kayu ini dirawat dengan baik oleh petani, mudah-mudahan dalam kurun lima tahun,kususnya bibit sengon sudah bisa dipanen. Sementara kalau akasia mangenium bisa sampai 8 hingga 10 tahun baru bisa dipanen.


Semua bibit tanaman dari KBR Ngelo Lestari diberikan secara cuma-cuma pada petani, dengan harapan bisa meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan bagi petani. Sementara itu semua anggota kelompok tani yang berjumlah 12 orang  merasakan manfaat selama mengelola kebun bibit rakyat selama ini. Mereka berharap untuk tahun yang akan datang masih bisa dipercaya oleh kementrian kehutanan mengelola pembibitan seperti ini. Sebab dirasakan banyak manfaat dan sangat membantu perekonomian disaat sulit karena adanya pandemi covid19 tahun ini.

Dalam kunjunganya ke KBR  Ngelo Lestari pendamping kelompok Alex berharap bibit-bibit tanaman sengon Salomon dan akasia Mangenium ini ditanam oleh para petani di Kalurahan Petir ini sehingga nantinya bisa membawa manfaat yang banyak bagi petani. Selain bernilai jual yang tinggi juga bisa buat bahan bangunan rumah penduduk atau mebel bagi pengrajin kayu kususnya kayu akasia.

Reporter : Wajiyo
Editor      : Mas Pay

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"