Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Selasa, 22 Desember 2020

Ini 6 Menteri Baru Presiden Jokowi di Kabinet Indonesia Maju


Jakarta, SNN - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi mengenalkan menteri-menteri barunya. Ini adalah reshuffle kabinet pertama Jokowi untuk Kabinet Indonesia Maju.

Pengumuman nama-nama menteri baru Jokowi ini digelar di Istana Merdeka, Jakarta Pusat. Jokowi mengumumkan langsung nama-nama menterinya, Selasa (22/12/2020).

"Bapak, ibu, saudara-saudara sebangsa dan setanah air, pada sore hari yang berbahagia ini saya bersama-sama dengan Bapak Wapres ingin mengumumkan menteri-menteri baru yang akan duduk di anggota Kabinet Indonesia Maju. Untuk itu, saya akan memperkenalkan satu per satu," kata Jokowi.

Dalam reshuffle kabinet kali ini, Jokowi memilih nama-nama baru untuk menjadi pembantunya. Selain itu, Jokowi melakukan pergeseran nama lama untuk menjabat posisi baru.

Beberapa menteri baru Jokowi adalah Tri Rismaharini atau Risma sebagai Mensos hingga Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono. Risma menggantikan Juliari Batubara yang terjerat kasus dugaan korupsi dana bansos Covid-19, sedangkan Trenggono mengisi posisi Edhy Prabowo yang kena kasus dugaan korupsi terkait ekspor benur.

Salah satu nama yang mengejutkan publik adalah Sandiaga Uno. Sandiaga Uno menjadi menteri baru Jokowi untuk Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menggantikan Wishnutama. Selain itu, kejutan lain ialah Ketum GP Ansior Yaqut Cholil Qoumas menjadi Menteri Agama RI menggantikan Fachrul Razi.

Total ada 6 menteri baru Presiden Jokowi dalam reshuffle pertama Kabinet Indonesia Maju. Berikut ini nama-nama menteri baru Jokowi yang dikenalkan sore ini:

Menteri Sosial: Tri Rismaharini
Menteri Kelautan dan Perikanan: Sakti Wahyu Trenggono
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif: Sandiaga Uno
Menteri Perdagangan: M. Lutfhi
Menteri Agama: Yaqut Cholil Qoumas
Menteri Kesehatan: Budi Gunadi Sadikin

(red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"