Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Jumat, 18 Desember 2020

Wabup Marhaen Djumadi Gandeng KPH Saradan Lakukan Penghijauan Di Sudimoroharjo


Nganjuk, SNN.com - Dalam kegiatan untuk meningkatkan Penghijauan  hutan serta bentuk wujud  Kepedulian terhadap alam Desa Sudimoroharjo, Wakil Bupati Marhaen Djumadi beserta  Jajaran Pemerintah Kabupaten Nganjuk bekerjasama dengan KPH Saradan Kabupaten Madiun melaksanakan giat Penanaman pohon dihutan yang gundul pada hari kamis 17 desember 2020.

Semua kegiatan di fasilitasi oleh Pemerintah Desa Sudimoroharjo serta turut didukung oleh LMDH (lembaga masyarakat desa hutan) Wonorejo dan Koperasi Perempuan Hutan Srikandi.

Kegiatan yang dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi. 
Selain itu juga di hadiri dari beberapa dinas terkait yaitu wakil KPH Saradan, rombongan Kepala PMD Haris Jatmiko, Dinas Sosial Nafhan Tohawi, pihak Muspika Kecamatan Wilangan dan Kepala Desa Sudimoroharjo Totok Kohar beserta perangkatnya dan beberapa rombongan masyarakat.

Kegiatan tanam pohon tersebut dengan sasaran titik lokasi hutan tandus untuk di tanamkan bibit pohon buah yang berlokasi di Dusun Jambi Desa Sudimoroharjo. Sedangkan aneka bibit pohon yang ditanam diantaranya, bibit pohon Durian, Belimbing, Mangga, Alpukat, Jambu Batu dan Rambutan serta bibit pohon lainnya  yang sekiranya bisa menyerap kandungan air di hutan tersebut.


Wakil Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi disela kegiatan kepada awak media mengatakan bahwa  Penanaman pohon hari ini di anggap momen  yang tepat.

 Dengan penanaman di hutan yang lokasinya nampak tandus maka dengan harapan bisa mengurangi dampak terjadinya longsor, maupun banjir  di musim penghujan saat ini, kususnya di Desa Sudimoroharjo dan keseluruh  Kabupaten Nganjuk terangnya.

"Kami ucapkan  terimakasih kepada Adm Perhutani Kabupaten Nganjuk maupun Adm Saradan yang telah memberikan kemudahan  kemudahan kepada masyarakat Nganjuk untuk bisa menanami hutan yang kosong oleh LMDH,”ucapnya.

Lebih lanjut Marhaen Djumadi kepada para petani berharap untuk bisa bekerjasama dengan Perhutani dan Pemerintah daerah kalau Menanam tanaman itu harus betul  betul bisa membatu fungsi utama hutan yaitu menanam tanaman yang bisa menyerap air, apalagi juga tanaman yang Produktif sehinga mempunyai nilai ekonomi tinggi misalkan seperti Porang, soalnya  Porang saat ini juga lumayan harga jualnya apalagi Porang sangatlah kecil resikonya.


Sementara itu, Kepala Desa Sudimoroharjo Totok Kohar saat ditemui awak media di ruang kerjanya usai acara  mengatakan, setelah Penanaman bibit pohon  ini kami akan terus berkoordinasi dengan Pemkab dan Kehutanan untuk terus melestarikan hutan agar hutan bisa berfungsi dengan semestinya serta anak cucu kita bisa merasakan apa yang sudah kita tanam hari ini.

Disaat yang sama di kantor Desa Sudimoroharjo sedang ada pembagian sembako dari Kementrian Sosial, Provinsi Jawa Timur dan Pemerintah Daerah. Menurut keterangan Totok Kohar.

“Pembagian sembako kali ini sejumlah 552 paket yang bersumber dari Kemensos, Provinsi dan Pemkab Nganjuk yang diberikan secara simbolis oleh Wabup Marhean didampingi Kepala Dinas Sosial Nafhan Tohawi dan koordinator PKH Kabupaten Nganjuk Andik kepada Warga masyarakat Desa Sudimoroharjo,” pungkas Kades Totok.

Reporter : Widodo
Editor      : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"