Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Senin, 07 Mei 2018

Ketua Yayasan Indonesia Berdaulat Provinsi Jambi Marjoni, Buka Pohon Partisipan Persembahan Untuk Lingkungan


JAMBI, Sorotnuswantoronews - Bahan pangan merupakan kebutuhan  mendasar dan hakiki bagi manusia dalam upaya mempertahankan hidup, kesehatan dan kemampuan intelektualnya. Bahan pangan bagi manusia dihasilkan dari bagian tumbuh-tumbuhan dan hewan, baik yang hidup di darat maupun di air.

Kemampuan berpikir manusia telah mendorong terjadinya kemajuan yang sangat luar biasa dalam berbagai hal diantaranya dalam bidang kesehatan, transportasi, komunikasi dan industri yang secara keseluruhan bertujuan untuk meningkatkan  kesejahteraan, kenyamanan dan kemudahan bagi manusia dalam upaya menjaga keberlanjutan generasinya di muka bumi.

Kemajuan teknologi khususnya dalam bidang kedokteran dan kesehatan masyarakat telah membuahkan hasil nyata dengan menurunnya tingkat kematian per satuan kelahiran, sehingga pertumbuhan populasi manusia  meningkat pesat melampaui kecepatan tumbuh mahluk hidup lainnya di muka bumi ini. Termasuk laju pertumbuhan hewan ternak dan tumbuhan penghasil bahan pangan bagi manusia.

Ketersediaan bahan pangan merupakan faktor pembatas bagi laju pertumbuhan dan perkembangan populasi manusia di atas bumi. Dengan fakta ini maka kekurangan bahan pangan akan sangat sulit untuk ditiadakan, kelaparan akibat kekurangan bahan pangan yang dibutuhkan seluruh manusia di muka bumi ini pasti akan terjadi, hanya masalah waktu kapan kenyataan ini akan terjadi. Negara dengan jumlah penduduk terbesar di dunia akan memikul beban berat saat kekurangan bahan pangan melanda dunia.

Atas kesadaran inilah maka kedaulatan pangan di Indonesia dalam pengertian, bahwa seluruh kebutuhan pangan penduduk Indonesia dapat diproduksi dan dipenuhi dari bumi negeri ini, harus dapat diwujudkan dengan sekuat tenaga dan kesungguhan agar keberadaan bangsa dan negara Indoneswia dapat terus dipertahankan sampai akhir jaman.

Indonesia juga harus ikut berperan dalam memperkuat dan membantu negara lain yang memiliki persoalan dalam membangun kemandirian pangannya, setelah pencapaian kedaulatan dan kemandirian pangan di dalam negeri, karena membantu memperkuat kemandirian dan kedaulatan pangan di negara lain merupakan upaya paling efektif untuk mencegah dan menghindarkan dunia ini dari perang antar penghuninya dalam rangka memperebutkan bahan pangan. Karena kelaparan akan mampu mengubah manusia yang paling beradab sekalipun menjadi mahluk yang paling brutal dan tidak menghargai lagi kemanusia. Inilah saat peperangan akan terjadi dimanapun kelaparan menghinggapi

Kesadaran sepenuhnya akan arti penting tercapainya kedaulatan pangan di Indonesia inilah yang mendasari lahirnya Yayasan Indonesia Berdaulat. Yayasan ini didirikan untuk mendukung terjadinya percepatan pencapaian kedaulatan pangan di Indonesia. Dilandasi nasionalisme yang tinggi dan dipayungi semangat gotong-royang royong yang merupakan warisan leluhur moyang bangsa ini, serta keyakinan bahwa Indonesia mampu berdaulat dan berubah menjadi negeri yang memiliki tanggung jawab besar atas kelangsungan hidup manusia di bumi ini, maka Yayasan Indonesia akan mengajak semua komponen bangsa ini maupun masyarakat dunia untuk memproduksi lebih banyak lagi bahan makanan guna menjamin ketersediaan bahan pangan bagi kebutuhan dunia tanpa mengabaikan sedikitpun persoalan lingkungan dan keseimbangan alam.
Karena pengabaian atas persoalan lingkungan dan keseimbangan alam, pada akhirnya akan menghancurkan  pencapaian yang telah diraih manusia.

Manusia adalah bagian dari sebuah ekosistim bumi dan bukan sebaliknya  bahwa bumi adalah bagian dari sistim manusia.. Jadi manusia harus tunduk pada sistem kendali keseimbangan bumi, karena bumi harus dapat terus menjaga keseimbangannya agar dapat berputar permanen pada poros maupun dalam rotasi mengelilingi matahari  guna menjaga kehidupan di atasnya
Tidak akan ada pencapaian kemandirian pangan yang hakiki, yang dapat diraih dengan mengabaikan pentingnya masalah lingkungan. Lingkungan yang baik dan keseimbangan alam adalah modal utama bagi tercapainya kedaulatan pangan yang hakiki. Atas pemahaman itulah maka upaya pencapaian kedaulatan pangan di Indonesia harus dimulai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"