Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Selasa, 15 Mei 2018

7 Manfaat Rutin Berhubungan Intim Bagi Kesehatan Pria

Lamongan, Sorotnuswantoronews - Aktivitas bercinta bagi pasangan suami istri memang merupakan momen yang menyenangkan. Nyatanya, tak hanya itu, rutin bercinta juga memberikan efek positif terhadap kesehatan pria. Apa sajakah manfaat yang bisa ia dapatkan?

Berikut 7 manfaat sehat rutin bercinta bagi pria.

1. Mengurangi risiko jantung dan stroke

Menurut penelitian dari Queens University, Belfast, pria yang berhubungan seks 3 kali atau lebih dalam seminggu maka risikonya untuk mengalami serangan jantung dan stroke akan berkurang hingga 50 persen.

2. Menjaga mood tetap positif

Aktivitas seks yang rutin membuat pria selalu berada dalam semangat dan mood yang positif. Selain bisa menghilangkan stres dan meningkatkan harga dirinya, seks juga sebenarnya dapat mencegah munculnya depresi. Sebab saat bercinta hormon endorfin akan dilepaskan oleh tubuh.

3. Memperbaiki kualitas tidur

Kualitas tidur yang baik sangat penting untuk kesehatan pria. Salah satu hormon lain yang dilepaskan saat bercinta adalah oksitosin, yang merupakan hormon untuk membantu membuat tidur semakin nyenyak. Mungkin ini salah satu sebabnya mengapa pria seringkali cepat tertidur setelah berhubungan seks.

4. Mengurangi risiko kanker prostat

Memiliki aktivitas seks secara teratur dapat melindungi pria dari kanker. Sebuah survei yang dilakukan National Cancer Institute menemukan bahwa pria yang rata-rata mengalami ejakulasi 21 kali per bulan memiliki risiko 33 persen lebih rendah untuk terkena kanker prostat daripada mereka yang hanya mengalami 4-7 kali ejakulasi per bulan.

5. Menghilangkan rasa nyeri

Bagi wanita, orgasme bisa membantu meringankan kram sebelum menstruasi. Sedangkan bagi pria, aktivitas ini bisa menjadi obat penghilang rasa sakit alami. Dalam sebuah studi, 48 responden diminta untuk menghirup uap oksitosin dan kemudian jari mereka ditusuk. Hasilnya, efek nyeri yang mereka rasakan berkurang hingga 50 persen. Hormon ini diketahui juga bekerja pada sakit kepala dan nyeri punggung.

6. Menjaga tubuh tetap bugar

Untuk memperkuat otot perut, punggung dan otot panggul, berlari selama 30 menit akan membakar sekitar 200 kalori. Namun faktanya bercinta selama lebih kurang 1 jam akan membakar kalori pria sebanyak 413 kalori.

7. Membuat kulit tampak lebih muda dan panjang umur

Penelitian telah menunjukkan bahwa memiliki aktivitas seks secara rutin membuat Anda terlihat lebih muda, bahkan mungkin 10 tahun lebih muda. Selain itu, sebuah studi dari British Medical Journal menemukan bahwa pria yang memiliki frekuensi orgasme tinggi tingkat kematiannya 50 persen lebih rendah dibandingkan dengan pria yang jarang ejakulasi.

Redaksi/berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"