Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Rabu, 23 Mei 2018

Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang Menggelar Kidung Budaya "KENTRUNG KAUTAMAN" Di Kota Demak

DEMAK, Sorotnuswantoronews - Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang dalam rangka malam perpisahan KKN menggelar kesenian Kidung Budaya Kentrung Kautaman, yang diselenggarakan di Lapangan Desa Tlogosih Kecamatan Kebonagung Kabupaten Demak Jawa Tengah.

Dalam acara tersebut, mahasiswa/i menghadirkan tokoh agama dan budayawan Kyai Budi Haryono dan Mbah  Moh Syamsuri selaku pemain Seni Kentrung serta tokoh-tokoh Lintas Masyarakat se kecamatan Kebonagung.

Selain penampilan Kidung Budaya Kentrung Kautaman, juga Tari Sufi serta Rebbana Mahabatur Rasul UIN Walisongo Semarang.

Dalam acara tersebut, hadir dari Dindikbud Kabupaten Demak yang diwakili oleh Ibu Hj. Sakdiyah Yunaida, S.Pd Kasi Sejarah dan Benda Cagar Budaya serta Camat, Koramil, dan Kapolsek Kebonagung.

Kepala Desa Kebonagung Haji Ustad dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima atas nama masyarakat tlogosih kebonagung kepada adik-adik UIN WALISONGO Semarang yang telah turut serta melestarikan jenis budaya yang telah hampir pudar.

"Yakni Budaya Kentrung Kautaman, karena seni kentrung dalam filosofinya banyak mengandung pesan-pesan agamis juga meningkatkan iman kita pada Allah SWT sang Pencipta.
 Baru kali ini dalam kurun waktu 9 tahun, ada KKN yang cukup bagus dan masyarakat setempat memberikan apresiasi yang positif. "Tambahnya.

Dalam akhir sambutannya berharap UIN walisongo semarang dimasa mendatang sebagai generasi muda harapan bangsa, bisa semakin banyak menggali budaya-budaya lainnya yang hampir pudar. Agar budaya tersebut terawat dan terlestarikan.

Reporter : Riyanto Alex
Editor   : Isvianto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"