Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Sabtu, 22 Juni 2019

Jumlah Kunjungan Wisnus dan Wisman ke Pulau Dodola Morotai Meningkat Signifikan

Kadis pariwisata kabupaten pulau Morotai, Nona N Duwila, SH, MH
Morotai, SNN.com - Dinas Pariwisata Kabupaten Pulau Morotai mencatat jumlah kunjungan wisatawan nusantara (wisnus) dan wisatawan manca negara (wisman) ke Pulau Dodola Morotai mengalami peningkatan. Sikon tersebut terjadi di tahun 2019, setelah sejumlah fasilitas di perbaiki, di bangun dan disediakan di pulau dodola.

Kepala Dinas Pariwisata, Nona N Duwila, SH. MH, saat dikonfirmasi, Jumat 21 Juni 2019 di Morotai mengakui bahwa jumlah pengunjung wisatawan Nusantara maupun wisatawan manca negara ke Dodola pulau Morotai tahun ini mengalami peningkatan yang signifikan bila dibandingkan tahun 2018 sebelumnya.

"Jumlah wisatawan yang kami catat tahun ini meningkat tajam dari tahun 2018, ini tidak terlepas dari promosi yang intens dilakukan, juga fasilitas yang disediakan di pulau Dodola membuat wisatawan ingin berlibur ke pulau Dodola Morotai," katanya

Lanjutnya, sesuai data yang dicatat UPT dinas Pariwisata di pulau Dodola, wisatawan yang melancong ke pulau dodola didominasi wisatawan nusantara, Sepanjang 2018 wisnus sebanyak 2.560 orang, wisman 159 orang, jumlah total 2.719 orang

Jika dibandingkan dengan 2018, maka di tahun 2019 jumlah kunjungan wisatawan ke pulau Dodola meningkat signifikan, baik wisnus maupun wisman. Tetapi, di dominasi wisatawan Nusantara, dengan jumlah pengunjung 3.400 orang dan wisman 247 orang, total keseluruhan 3.647 orang wisatawan yang mengunjungi pulau Dodola.


Kondisi itu dipacu karena tidak terlepas dari sejumlah fasilitas yang telah di bangun dan disediakan di pulau dodola. Diantaranya pelabuhan/dermaga, toilet dan tempat bilas masing masing 5 unit, listrik, kantor UPTD, klinik, air bersih, payung wisata 3 unit, galery suvenir, jembatan mangrove, gazebo 23 unit, tempat duduk/sunchair 5 buah, penginapan/cottage 9 unit, dan home stay 1 unit. Sementara untuk fasilitas mainan yang disuguhkan adalah jet sky 1 unit, perahu kano 12 unit, wibit 1 unit, parasailing 1 unit, banana boat 1 unit dan sepeda santai 2 unit.

Kadis Pariwisata Nona N Duwila, berpendapat peningkatan jumlah kunjungan wisatawan ini terjadi seiring sejumlah perbaikan yang terus dilakukan pemkab morotai. "Salah satu perbaikan yang dilakukan yakni peningkatan kualitas fasilitas pariwisata di pulau Dodola," kata Nona, sapaan akrabnya.

Selain itu, ada perbaikan-perbaikan seperti penambahan jumlah fasilitas dan peningkatan akses. Dispar menargetkan kunjungan wisatawan sebanyak banyaknya disetiap tahun. Nona, wanita enerjik ini mengaku optimistis target kunjungan wisatawan pada 2019 akan meningkat lagi pada saat puncak festival Morotai di gelar di bulan Agustus nanti. Dan Saat ini Pemkab Pulau Morotai melalui Dinas Pariwisata telah meluncurkan Calender of Event 2019. Setidaknya terdapat 26 gelaran budaya dan pariwisata yang akan diselenggarakan di Kabupaten Pulau Morotai sepanjang 2019.

Reporter : Abdul
Editor     : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"