Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Jumat, 14 Juni 2019

Ribuan Warga Hadiri Tradisi Babad Dalan Kirab Budaya

Gunungkidul, SNN - Tradisi babad dalan adalah tradisi turun temurun yang diwariskan dari sesepuh terdahulu untuk mengenang jejak perjuangan tokoh pendiri kerajaan Mataram Yogyakarta.

Ki Ageng Giring III dengan susah payah membuka lahan pemukiman warga untuk menyiarkan agama islam di wilayah selatan tepatnya Desa Sodo Kecamatan Paliyan.

Masjid tua yang berada di komplek sendang dan makam salah satu bukti keberadaan sosok pejuang tanpa kenal lelah.

Masyarakat Desa Sodo tiap tahun dengan pasti mengadakan tradisi babad dalan dan kali ini kegiatan  yang melibatkan lapisan masyarakat di ikuti oleh Lima Dusun meliputi Padukuhan Jamburejo, Tambakrejo, Selorejo, Sidorejo serta padukuhan Pelemgede dengan menampilkan kreasi yang ada. Jumlah peserta pun tidak tangung-tanggung mencapai ribuan orang.

Kirab budaya di tahun 2019 dengan route mengelilingi Desa Sodo dengan jarak kurang lebih 3 kilometer.

Adapun jenis kegiatan yang di tampilkan berupa seni jatil, electone, seni karawitan, Sholawatan, pengajian akbar serta olahraga yang di mulai tanggal 12 juni 2019 sampai tanggal 18 juni 2019.Kirab budaya pada hari Jumat yang berpusat di lapangan bola Desa Sodo di mulai pukul 13.00 Wib.

Sekretaris Desa Sodo Dadang yang juga salah satu panitia babad dalan saat di konfirmasi Jumat  (14/06/2019) mengatakan untuk kegiatan kirab budaya di lakukan dua tahun sekali, tapi untuk kegiatan tradisi tiap tahun pasti di adakan karena itu warisan dari leluhur dan tidak bisa di pisahkan dari masyarakat semoga kedepan kirab budaya lebih baik lagi dan sukses selalu, "Jelasnya.

Suasana kirab budaya membuat arus jalan sempat macet penonton berjubel menyaksikan atraksi demi atraksi yang di suguhkan warga masyarakat desa Sodo.

Reporter :  Supri m
Editor      : Mas Pay

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"