Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Senin, 24 Juni 2019

Menyedihkan! Sebagian Murid SD Tungwatu Belajar di Lantai

Kepulauan Aru, SSN.com - Sebagian murid Sekolah Dasar (SD) di Desa Tungwatu, Kecamatan Pulau-pulau Aru, Kabupaten Kepulauan Aru, Provinsi Maluku terpaksa harus duduk di lantai untuk menerima pelajaran dari para guru.

Seperti yang terlihat pada gambar yang didokumentasi Sorot Nuswantoro News sabtu kemarin. Nampak sejumlah murid yang mengikuti proses belajar mengajar di ruang tersebut hanya duduk di lantai tanpa meja dan kursi belajar layaknya sekolah-sekolah lain.

Jika dilihat, kondisi para murid ini tampak biasa saja. Namun kondisi mereka sangat menyedihkan dikala guru meminta para murid ini mencatat. Pasalnya mereka harus merununduk demi menuliskan ilmu pelajaran yang diberikan sang guru.

Sebagian mereka bahkan ada yang harus tidur di lantai seperti bayi yang merangkak demi menuliskan apa yang disebut guru mereka pada saat mengajar.

Sejumlah orang tua murid di sana mengaku kesal namun tidak bisa berbuat banyak dan membiarkan anak-anak mereka duduk di lantai menerima pelajaran dari para guru.

"Kami selaku orang tua sebetulnya kesal tapi mau bagaimana lagi. Demi masa depan anak-anak, kami terpaksa mengiklaskan mereka duduk di lantai menerima pelajaran dari guru." ungkap mereka.

Senada, salah satu tokoh masyarakat setempat juga membenarkan bahwa anak-anak mereka khusus kelas satu terpaksa menggunakan sebagian ruang kantor sekolah dengan cara duduk di lantai untuk menerima pelajaran lantaran tidak ada meja dan kursi belajar.

Bahkan dia mengaku hal ini sudah berlangsung cukup lama
lantaran minimnya ruang belajar serta Mobile - R di sekolah tersebut.

"Kondisi ini sangat menyedihkan sekali, karena meskipun dinas pendidikan menjadi salah satu dinas dengan anggaran terbanyak dibandingkan dinas - dinas lainnya di Aru, tetapi belum mampu membuat perubahan sama sekali dalam membenahi persoalan pendidikan di daerah yang kaya akan hasil laut, darat dan udara ini."ungkapnya.

Reporter : Nus Y
Editor      : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"