Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Rabu, 12 Juni 2019

Sekretaris Badan Pelaksana Kaderisasi MPW Pemuda Pancasila Jateng Ikuti Kegiatan Syawalan Masyarakat Tambak Lorok

Semarang, SNN.com - Pesta laut (lomban) kupatan di wilayah Kampung Nelayan Tambak Lorok semarang, Jawa Tengah diramaikan berbagai acara, Rabu (12/06/2019).

Adapun tujuan Acara ini untuk mengungkapkan rasa syukur para nelayan Tambak Lorok  kepada Tuhan YME, Acara ini dimeriahkan sesaji berupa kepala kerbau.

Acara sesaji di perairan Laut jawa Kota semarang itu dipimpin oleh sesepuh wilayah setempat dan dalam acara tersebut dihadiri sejumlah pejabat, nelayan dan juga Sekertaris BPK ( Badan  pelaksana Kaderisasi) Pemuda Pancasila MPW Jateng Bpk. DR.Joko Purwanto, SH.MH , karena hampir sebagian besar lebih dari 200 pemuda di wilayah tambak Lorok adalah Kader-  Kader Potensial PAC. Pemuda Pancasila Tambak Lorok. Acara ini diselenggarakan di Tempat Pelelangan Ikan (TPI)

"Selain kepala kerbau, ingkung (ayam utuh), jajanan pasar, serta kupat dan lepat diletakkan di miniatur kapal sebelum dilarung," kata sesepuh tambak Lorok.


Biasanya nantinya Saat sesaji dilarung, sejumlah nelayan berebut mendekat. Seluruh warga masyarakat setempat bersyukur acara pesta lomban/ berlayar berjalan lancar dan aman. Ini bentuk rasa syukur para nelayan di wilayah tambak Lorok kota semarang atas rezeki yang mereka peroleh selama ini.

Menurut sesepuh setempat, prosesi ini juga menjadi semacam doa bagi para nelayan agar terhindar dari bencana saat melaut. Kepala kerbau, kata sesepuh setempat, merupakan sedekah agar mata rantai keburukkan bisa diputus dan diganti dengan kebaikan.

"Mudah-mudahan aktivitas para nelayan nantinya berjalan lancar dan mendapat limpahan rezeki," tuturnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"