Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Kamis, 24 Oktober 2019

Kecamatan Laham Kirim Kontingen FHCB Ke Ujoh Bilang

Lewi Iban, S.Sos
Mahulu, SNN.com - Dalam rangka memeriahkan Festival Hudoq Cross Border (FHCB) di Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu) Kaltim, kembali Kecamatan Laham mendelegasikan timnya untuk mengikuti festival akbar tahunan yang dipusatkan dilapangan kampung Ujoh Bilang yang dibuka secara resmi Bupati Bonifasius Belawan Geh, SH pada pukul 16.00 wita sore hari ini, 24/10/2019.

Kali ini FHCB sangat spektakuler digelar karena ingin mengulang kembali suksesnya sebagai pemecah Rekor MURI  2019 setelah berhasil meraih nama besar MURI pada tahun 2018 yang lalu, jika tahun sebelumnya pernah tercatat di Rekor MURI dengan penari terbanyak mencapai 2 ribuan orang lebih, tapi kali ini tentu lebih seru lagi mengingat pesertanya mencapai 3 ribuan orang lebih penari dengan waktu terlama yakni 24 jam menari nonstop tanpa henti, "Ucap Lewi Iban.

Lewi Iban, S.Sos salah seorang penduduk kampung Rukun Damai Kecamatan Laham yang juga aktif sebagai Kasi Trantib Kantor Camat Laham sekaligus menjadi koordinator peserta Festival Hudoq Cross Border.

Iya menambahkan, untuk Kecamatan Laham sendiri dengan membawahi 5 kampung diantaranya kampung Danum paroy, muara ratah, long gelawang, nyaribungan, laham semuanya dikerahkan untuk mengikuti gelar festival akbar. "Tutur Lewi.

Kecamatan Laham dengan prestasi gemilangnya selama even kesenian daerah selalu menjadi juara, antara lain pernah 3 kali menjadi juara pada momen seni tradisionil. Ucapnya sambil tersenyum.

Ketika ditanya wartawan SNN.Com, Lewi Ilang salah satu koordinator Kecamatan Laham pemimpin rombongan mengatakan, semua kebutuhan dari transportasi, akomodasi dijamin oleh panpel. Sedangkan jumlah peserta yang dikirimnya berkekuatan 230 orang se- Kecamatan Laham. Selain peserta tari tradisionil, iya juga mengirim seluruh pengurus kampung dan pengurus adat untuk hadir agar menambah semarak dan sukses yang diraih untuk Mahulu. "Jelas Lewi.

Terkait dengan 230 orang peserta yang diutus semuanya dapat dipastikan ikut berkompetisi disemua katagori perlombaan seperti lomba Tari Kreasi, lomba menyumpit, lomba Logo, lomba memasak tradisional dan lomba menyanyi lagu daerah yang menjadi kebanggaan bagi penduduk setempat. "Ujarnya.

Di akhir wawancaranya iya sangat berharap agar semua kegiatan yang ditampilkan selalu membuahkan hasil yang positif demi citra suatu daerah walaupun masih tergolong muda, tapi jika semua program Pemerintah dibawah pimpinan Bupati Bonifasius Belawan Geh, SH kami yakin Mahulu bisa mensejajarkan keberadaannya dengan daerah lain. "Harap Lewi.

Ketika disinggung terkait Pilkada tahun 2020 mendatang soal petahana mencalonkan kembali untuk 2 periode bagaimana respon masyarakat khususnya di Kecamatan Laham, ucap Lewi Ilang, yah kami pada prinsifnya sangat mendukungnya dengan alasan bahwa, begitu banyak hasil buah karya pembangunan yang telah dilakukannya, memang harus diakui dengan kurun waktu 4 tahun tidak mungkin bisa terwujud semua, sebab segala sesuatu butuh proses bukan sim salabim langsung jadi. Ucapnya, iya juga menambahkan siapapun nanti jika terpilih pasti kami dukung sebagai wujud menghargai hak berpolitik setiap orang dalam demokrastis, transparan dan terbuka.

Reporter : Johansyah
Editor      : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"