Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Minggu, 27 Oktober 2019

Berbagai Kesenian Meriahkan Merti Dusun di Kelurahan Gedanganak

Semarang, SNN.com - Dalam rangka merti dusun, masyarakat Kelurahan Gedanganak, Kecamatan Ungaran timur, Kabupaten Semarang Jawa tengah menggelar berbagai kegiatan dan kesenian tradisional. Kegiatan yang digelar pada hari sabtu dan minggu ini merupakan agenda yang digelar rutin dalam beberapa tahun terakhir, Minggu (27/10/2019).

Tokoh masyarakat setempat, Didi Riyadi mengatakan, kegiatan yang turut diselenggarakan seperti pagelaran wayang kulit dari sabtu malam hingga menjelang pagi, dilanjutkan kirab budaya mengelilingi desa, pagelaran tari, seni bela diri PSHT, seni gedruk, dan seni kuda lumping hingga minggu sore.

Menurut Didi Riyadi, merti dusun adalah sebuah tradisi bersyukur pada Allah sekaligus wahana berwudu orang-orang desa. Tiap orang memiliki dosa, sesuai kodrat manusia sebagai tempat salah dan lupa. Begitu pula dengan desa, kota, dan negara yang tak mungkin suci seratus persen. Untuk itu merupakan cara bersuci yang turun menurun.

Sementara itu, Didi Riyadi juga berharap penyelenggaraan agenda di dalam merti dusun dapat menjadi spirit dan motivasi bagi desa lainnya yang ada di Kecamatan Ungaran timur untuk terus melakukan inovasi dalam upaya turut melestarikan budaya turun menurun, membangun desanya secara mandiri dan sejahtera. "semoga dengan adanya ini bisa lebih spirit, memotivasi lainnya, harus terus berinovasi dalam budaya turun menurun, bisa mandiri dan sejahtera desa Gedanganak," pungkasnya.

Reporter : Wibi
Editor      : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"