Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Senin, 28 Oktober 2019

Wabup Aru Pimpin Upacara Hari Sumpah Pemuda

Kepulauan Aru, SNN.com - Wakil Bupati Kepulauan Aru,  Muin Sogalrey memimpin langsung Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke - 91 yang dilaksanakan di Lapangan Yos Sudarso Dobo,  Senin (28/9).

Upacara yang digelar dengan mengambil Tema: *" BERSATU KITA MAJU"* dihadiri oleh TNI/Polri, para pemuda,  pelajar,  dan seluruh Aparat Sipil Negara (ASN) se-Kota Dobo.

Wakil Bupati saat membacakan amanat Menteri Pemuda dan Olahraga RI menegaskan,
Hari Sumpah Pemuda ke-91 kali ini mengambil tema “Bersatu Kita Maju” Tema ini diambil untuk menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda yang diikrarkan pada tahun 1928 dalam Sumpah Pemuda, Bahwa hanya dengan persatuan kita dapat mewujudkan cita-cita bangsa.

Pesatnya perkembangan teknologi informasi ibarat dua mata pisau. Satu sisi ia memberikan jaminan kecepatan informasi sehingga memungkinkan para pemuda kita untuk meningkatkan kapasitas pengetahuan dalam pengembangan sumber daya serta daya saing.

Pemuda yang memiliki karakter yang tangguh adalah pemuda yang memiliki karakter moral dan karakter kinerja serta beriman dan bertaqwa, berintegritas tinggi, jujur, santun, bertanggung jawab, disiplin, kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas, dan tuntas.

Pemuda juga harus memiliki kapasitas intelektual dan skill kepemimpinan, kewirausahaan, dan kepeloporan yang mumpuni, serta pemuda harus memiliki inovasi agar mampu berperan aktif dalam kancah intemasional.


Tema Bersatu Kita Maju sesungguhnya diperuntukan untuk seluruh elemen bangsa, yang memiliki pola pikir yang serba cepat, serba instan, lintas batas, cenderung individualistik dan gramatik.

"Disinilah diharapkan peran pemuda dapat bersaing dalam bentuk apapun tentunya dalam hal yang posistif. Pemuda adalah masa depan bangsa dan negara,"tandasnya.

Lanjut ditegaskan pula bahwa, Pemuda juga harapan bagi dunia, pemuda Indonesia harus maju dan berani menaklukan dunia, saya berharap kedepan akan banyak muncul tokoh-tokoh muda yang mendunia.

Kalau pemuda generasi terdahulu mampu keluar dari jebakan sikap-sikap primordial suku, agama, ras dan kultur, menuju persatuan dan kesatuan bangsa, maka tugas pemuda saat ini adalah harus sanggup membuka pandangan ke luar batas-batas tembok dunia, demi menyongsong masa depan dunia yang lebih baik.

"Wahai pemuda Indonesia, dunia menunggumu, berjuanglah, lahirkanlah ide-ide, tekad, dan cita-cita, pengorbanan dan perjuanganmu tidak akan pernah sia-sia dalam mengubah dunia,"serunya.

Reporter : Nus Yerusa
Editor.     : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"