Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Selasa, 29 Oktober 2019

Kalifah Kabupaten Tuban Ikuti MHQ 30 Juz

Tuban, SNN.com - Selasa ( 29/10/2019 ), hari ketiga pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran ( MTQ ) kafilah dari Kabupaten Tuban yang di turunkan  14 orang yang bertanding di 5 cabang dengan 5 golongan. Lima cabang yang di ikuti adalah musabaqah hifdzil Quran ( MHQ ) empat golongan.
Musabaqah khattil Quran ( MKQ ) dua golongan, dan musabaqah fahmil Quran ( MFQ ) tiga golongan. Kemudian, cabang musabaqah syahril Quran ( MSQ ) tiga golongan dan tafsir dua golongan.

Pada cabang MHQ golongan 30 Juz di Aula SMAN 1 Tuban, sebanyak 8 kafilah bertanding, termasuk Kabupaten Tuban. Pada cabang MHQ 30 juz, kafilah Kabupaten Tuban di wakili M. Iqbal Rasyid dan memperoleh skor 78,50. Para peserta akan melanjutkan bacaan dari Dewan Hakim yang di baca secara acak.

Usai perlombaan, salah satu Dewan Hakim MHQ 30 Juz dari LPTQ Jawa Timur, Ahmad Muzaqi menerangkan penilaian pada cabang perlombaan ini di dasarkan pada 3 aspek, yaitu Tahfidz; Tajwid; dan Fashahah. Aspek Tahfidz menitikberatkan pada kelancaran peserta dalam melanjutkan bacaan Alquran. Aspek ini memperoleh porsi 50 persen. Aspek Tajwid berfokus pada hukum bacaan mendapatkan porsi 25 persen. Terakhir, aspek Fashahah dengan persentase 25 persen, berkaitan dengan bagaimana peserta berhenti dan kemudian melanjutkan bacaan.

Lebih lanjut, Ahmad Muzaqi berpesan kepada seluruh peserta MHQ untuk senantiasa mengulang hafalan.“ Ini menjadi senjata utama agar lebih lancar,” paparnya.

Selain itu, dengan berlatih bersama rekan saling mengajukan pertanyaan untuk melanjutkan bacaan. Juga harus menyiapkan mental sebaik mungkin. Kafilah di minta untuk tidak grogi sebelum maupun ketika bertanding karena akan mempengaruhi penampilan.


Di tempat terpisah, pada cabang MHQ golongan 1 Juz dan Tilawah di Universitas Sunan Bonang, Kabupaten Tuban di wakili Muhammad Masduqi dan memperoleh skor 92,75. Pada cabang MHQ golongan 10 Juz di SMKN 2 Tuban, Kafilah Tuban mengirimkan Ahmad Khuluqil A’la dan mempoleh skor 95,00.

Sementara itu, Pada cabang MFQ/CCQ golongan Fahmil Qur’an di Auditorium lantai 4 SMP BAS Tuban, tim Kabupaten Tuban terdiri dari Muhammad Fath Al ‘Ajamy; M. Ahmad Alif Azka; dan M. Zaim Muhyidin. Pada cabang ini kafilah Tuban Bumi Wali memperoleh skor 2500. Cabang MSQ golongan Syarhil Qur’an di Pendopo Krido Manunggal, kafilah Tuban mengutus M. Nurli Fahmi Ilmansyah; Endin Jorgy; dan Andika Maliyyan Jamman, yang berhasil mendapatkan skor 83,00.

Pada cabang Tafsir golongan Bahasa Inggris di Gedung Budaya Loka, Kabupaten Tuban mengirimkan Nur Ahmad Abidin dan memperoleh skor 166,5. Sedangkan, cabang Tafsir golongan Bahasa Indonesia, Kabupaten Tuban mengirimkan AM. Fiqrud Dhuha yang meraih skor 141,50 pada cabang MHQ golongan 5 Juz dan Tilawah, Arina Zahro’al Widad mewakili kafilah Tuban dan meraih skor 83,25.

Reporter : Agus
Editor     : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"