Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Rabu, 23 Oktober 2019

Ini Kata Yason Liah Camat Long Bagun Terkait Festival Akbar 2019 Di Mahalu

Camat Long Bagun Yason Liah
Mahulu, SNN.Com - Camat Long Bagun Yason Liah mengatakan, Festival Hudoq Cross Border yang berlangsung sejak 23 sampai 26 Oktober 2019 di Lapangan Ujoh Bilang Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu) merupakan agenda rutin yang di gelar oleh Bupati Bonifasius Belawan Geh, SH pada setiap tahun.

Yason Liah mengatakan acara yang sama seperti tahun-tahun sebelumnya juga pernah di selenggarakan pada 2018 yang lalu, tapi kali ini nuansanya sangat jauh berbeda, jika Festival Hudoq tahun 2018 pernah memecahkan Rekor Muri dengan penari terbanyak 2 ribu orang, maka kali ini dengan tema Festival Hudoq Cross Border dilakukan selama 24 jam tanpa henti diperkirakan pesertanya lebih dari 3 ribu orang penari dan tercatat di Rekor Muri 2019, artinya ini sangat luar biasa sekali pesatnya jika dibandingkan dengan tahun 2018 yang lalu. "Tegas Yason Liah. 23/10/2019.

Ketika di konfirmasi wartawan SNN.Com kepadanya terkait dengan animo masyarakat terhadap even akbar ini, Camat Long Bagun Yason Liah dengan semangatnya mengatakan, anda bisa lihat sendiri para pengunjung yang tak pernah putus-putusnya berdatangan dari 50 kampung dan secara langsung terlibat dalam kegiatan di Festival Akbar ini.

sedangkan 5 kecamatan terdiri dari Kecamatan Laham, Long Hubung, Laham, Long Bagun, Long Pahangai dan Long Apari secara otomatis menjadi koordinator di 50 kampung se- Kab Mahulu, "Jelas Yason Liah.

Yason Liah juga menambahkan, selama kepemimpinan Bonifasius Belawan Geh, SH menjadi Bupati Mahulu berkembang begitu pesat dengan konsep keterbukaan dan transfaransi publik maka Mahulu bukan tidak mungkin akan menjadi Kabupaten yang bisa mensejajarkan dengan Kabupaten lainnya meski tergolong muda namun memiliki SDM yang handal maka kita pasti maju. "Tegasnya.

Wali Kotamadya Samarinda Syaharie Jaang

Yason Liah dengan serius menjawab setelah wartawan SNN.Com mencecar puluhan pertanyaan kepadanya antara lain, siapa saja yang di undang menjadi tamu kehormatan Bupati Boni?.... iya mengatakan, diantaranya hadir Wali Kotamadya Samarinda - Kaltim Syaharie Jaang beserta istri dan unsur muspidanya, Kementerian Pariwisata Pusat dan Gubernur Kaltim, "Ucap Yason.

Ditambahkannya, selain Festival Hudoq juga ada lomba tari kreasi, lagu daerah, lomba masak tradisional, lomba menyumpit, lomba Logo dan lomba Gasing. 

"iya juga meyakinkan untuk Kecamatan Long Bagun sendiri, masyarakatnya dapat di pastikan ikut serta di semua katagori yang diperlombakan oleh panitia, "Tegas Yason Liah.

Dalam akhir wawancara SNN.Com, Camat Long Bagun mengatakan, even ini adalah pintu masuk untuk membuka informasi seluas-luasnya baik level lokal, Nasional bahkan di level Internasional. Oleh sebab itu publikasi cukup masif melalui rekan-rekan wartawan dan semua pihak juga Stakeholder mulai Pemerintah Pusat, Provinsi Kaltim, Pemerintah Mahakam Ulu, dan seluruh Pemerintahan kampung dan elemen yang ada, harus turut serta mendukung dan mendorong kegiatan ini supaya berjalan lancar dan sukses.

Dan yang terpenting ke depan kata Yason Liah, kegiatan ini bukan semata-mata sifatnya ritual, akan tetapi menjadi daya tarik wisata yang perlu dikemas secara profesional untuk bisa menarik wisatawan luar agar bisa mendatangkan minat belanja masyarakat sehingga pendapatan dan peningkatan ekonomi kerakyatan di Mahulu dan Provinsi Kaltim semakin besar. "Tutur Camat Long Bagun ini.

Reporter : Johansyah
Editor      : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"