Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Sabtu, 19 Oktober 2019

Gonga : RPJP Putuskan Rantai Kemiskinan Generasi di Aru

Kepulauan Aru, SNN.com - Pemerintah Daerah sangat berharap, Program Keluarga Harapan (PKH) di Kabupaten Kepulauan Aru turut berperan membantu menurunkan angka kemiskinan pada periode berikutnya, serta mampu berkontribusi untuk mempercepat pencapain tujuan pembangunan Milenium Developmen Gols (MDGs).

Dalam jangka pendek, juga diharapkan bantuan PKH dapat membantu mengurangi beban pengeluaran Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM), sedangkan untuk Rencana Pembangunan Jangka Panjang, (RPJP) dapat memutuskan Rantai Kemiskinan antar generasi di Kabupaten Kepulauan Aru”. Pernyartaan ini disampaikan Bupati Aru, Johan Gonga dalam sambutannya pada Rapat Kordinasi Program Keluarga Harapan (PKH) 2019, selasa 15/1019 di Aula Perbatasan Kabupaten Kepulauan Aru.

Dikatakan, PKH merupakan program perioritas nasional yang bertujuan untuk percepatan penanggulangan kemiskinan sekaligus pengembangan kebijakan dibidang perlindungan sosial. Sebagai salah satu Klaster primer diantara empat klaster strategi nasional, penanggulangan Kemiskinan, kedudukan PKH sangatlah penting, karena merupakan program lintas kementrian dan lembaga, dengan aktor utamanya adalah dari Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, Kementrian Sosial, Kementrian Pendidikan Nasional, Kementrian Agama, Kementrian Komunikasi dan Informatika, dan Badan Pusat Statistik dan  juga beberapa instansi teknis terkait, untuk mengurangi tumbuhnya laju pertumbuhan angka kemiskinan serta meningkatkan kualitas sumberdaya manusia terutama pada kelompok masyarakat miskin, dalam pencapaian secara nasional Millennium Development Goals (MDGs).

Secara khusus, PKH berfungsi untuk meningkatkan Kondisi Sosial Ekonomi RTSM, Meningkatkan taraf pendidikan anak-anak RTSM, Meningkatkan status kesehatan dan gizi ibu hamil, Ibu nifas, dan anak dibawah 6 tahun dari RTSM, serta, Meningkatkan akses dan kwalitas pelayanan pendidikan dan kesehatan, khususnya bagi RTSM.

Dikatakan, selaku Bupati, dirinya terus memberikan dukungan serta melakukan monitoring dan evaluasi.

Gonga berharap, setiap SKPD teknis baik vertikal maupun horisontal di Kabupaten Kepulauan Aru dapat membangun jejaring komunikasi terutama para pendamping operator petugas Fasdik dan faskes untuk saling bekerja sama demi suksesnya pelaksanaan PKH di Aru dalam pencapaian tujuan bersama kita dengan slogan "Anak PKH sehat dan cerdas menjadi anak Jar sehat dan cerdas” dapat terwujud.

Hadir dalam Rakor, Bupati Kepulauan Aru, dr Johan Gonga. Wakil Bupati Kepulauan Aru, Muin Sogalrey, SE. Kejari Kepulauan Aru, Andi Pancasakti, SH,.MH. Kordinator PKH Kemensos RI, Regional VI Maluku - Maluku Utara bpk. Ali Roho Talaohu. Dinas Sosial provinsi Maluku, Kordinator  wilayah II Maluku - Maluku Utara Ibu. Tani Raya Saragih, S.Kom. Kasat Bimas Polres kepulauan Aru IPTU R. Bembuain. Perwakilan Lanal Aru Lettu Laut ( K ) Rizki Apriansyah. Serta Pimpinan OPD terkait Lingkup Pemda Kabupaten Kepulauan Aru.

Reporter : Moses K
Editor      : AWI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"