Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Sabtu, 26 Oktober 2019

Pembukaan Tuban Fair Dan UMKM Jatim, Wahana Promosi UMKM Dan Ponpes

Tuban, SNN.com - Bupati Tuban di dampingi Kepala Biro Kesejahteraan Sosial ( Kessos ) Setda Provinsi Jatim membuka Tuban Fair 2019 dan UMKM Jatim dalam rangka MTQ ke - 28 Jatim dan Hari Jadi Tuban ke - 726, Sabtu ( 26/10/2019 ) di GOR Rangga Jaya Anoraga.

Turut hadir pada kegiatan turut di hadiri Ketua TP PKK Tuban Wabup dan Forkopimda Tuban; Sekretaris Daerah Kabupaten Tuban; pimpinan instansi vertikal; BUMD/BUMD; pimpinan OPD dan Camat; serta perwakilan 38 Kabupaten/Kota se - Jatim.

Pameran kali ini di ikuti 146 stand terdiri dari 38 stand kafilah MTQ; 28 stand OPD Tuban dan 83 stand UMKM. Kegiatan akan di selenggarakan sejak 26 Oktober - 2 November 2019.

Bupati Tuban, H. Fathul Huda membacakan sambutan Gubernur Jawa Timur mengungkapkan pameran ini menjadi momentum untuk mempromosikan produk UMKM dan Ponpes dari sejumlah wilayah Jatim. Kegiatan ini sejalan upaya Pemprov Jatim dalam mendorong perekonomian berupa Program One Pesantren One Product ( POPOP ). Program ini berupaya untuk memberdayakan Ponpes dan lingkungannya dalam menuju kemandirian di berbagai bidang. Selain itu, memberikan bekal dan mendorong kemandirian santri pasca lulus dari Ponpes.

Kegiatan ini juga bertujuan untuk menggiatkan perekonomian dan kewirausahaan kedaerahan berbasis ekonomi kerakyatan lokal. Upaya ini dapatnya di kuatkan dengan di berikannya fasilitasi, wadah, dan memanfaatkan kemajuan teknologi. Pemprov Jatim juga mengembangkan East Java Super Corridor ( EJSC ) dan Big Data sebagai wadah untuk mempertemukan UMKM dan IKM dengan market ( pasar ).

“ Harapannya dapat menarik generasi milineal untuk terjun di dunia UMKM, pertanian maupun perikanan, "terangnya.


Tidak hanya itu, momentum ini juga di maksudkan mengangkat citra Jatim yang kaya hasil karya seni, sda, pariwisata dan keanekaragaman budaya.

“ Sehingga mampu menggerakkan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Jatim, "tambahnya.

Sementara itu, Kabiro Kessos Setda Provinsi Jatim, Dr. Budiono, menjelaskan pameran ini di adakan sebagai rangkaian MTQ. Juga sebagai promosi produk UMKM dan pondok pesantren unggulan Kabupaten/Kota.

Sehingga dapat menjadi roda perekonomian dan peningkatan kesejahteraan Ponpes.
Usai membuka pameran, Bupati Tuban mengunjungi sejumlah stand. Tidak hanya itu, Bupati berdialog dengan sejumlah pelaku UMKM dan santri yang mengikuti pameran ini.

Reporter : Agus
Editor      : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"