Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Senin, 14 Oktober 2019

Program Go Digital, Dinas Dukcapil Tuban Memberikan Kemudahan Pelayanan

Tuban, SNN.com - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil ( Disdukcapil ) Tuban saat ini mulai menerapkan program Go Digital. Program tersebut di harapkan memberikan kemudahan dalam pelayanan kepada masyarakat.

Hal itu terungkap saat Rapat Kordinasi ( Rakor ) Kebijakan Administrasi Kependudukan dan Sosialisasi Dukcapil Go Digital di ruang Dandang Wacana kompleks Pemkab Tuban. Rakor tersebut di buka oleh Sekretaris Daerah ( Sekda ) Kabupaten Tuban, Dr. Ir. Budi Wiyana, M.Si., Senin ( 14/10/2019 ).

Tampak hadir dalam kegiatan itu, Dandim 0811/Tuban, Letkol Inf. Viliala Romadhon, dan Plt Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil ( Disdukcapil ), Anita Cetrawati. Termasuk 50 orang perwakilan instansi pengguna layanan data kependudukan di Kabupaten Tuban.

Sekda Dr Budi Wiyana menyatakan, pihaknya mengapresiasi upaya yang dilakukan Disdukcapil dalam rangka mempermudah pelayanan masyarakat, khususnya administrasi kependudukan. Institusi yang menangani kependudukan ini secara bertahap meningkat pelayanan, salah satunya dengan inovasi Dukcapil Go Digital.

Hadirnya inovasi kependudukan ini dapatnya terus di kembangkan dan di sempurnakan, ungkap Budi Wiyana.

Sejumlah inovasi di kembangngkan untuk memenuhi kebutuhan, dan tuntutan masyarakat yang makin dinamis. Sekaligus mampu menjawab percepatan perkembangan teknologi.

Tidak hanya itu, dia berharap, Disdukcapil dapat meniru instansi swasta yang mampu memberikan pelayanan cepat. Melalui cara itu layanan kepada masyarakat bisa makin mudah dan cepat.

Dia akui masih banyak kendala pelayanan kependudukan yang muncul, tapi hal tersebut menjadi permasalahan di berbagai wilayah di Indonesia. Mengingat hampir semua penyelenggaraan pemerintahan maupun keperluan lainnya memerlukan administrasi kependudukan.


Lebih dari itu, lantaran masyarakat yang kurang memahami persyaratan detail berkaitan pengurusan administrasi kependudukan. Terlepas dari kondisi itu, Pemerintah terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan melalui berbagai regulasi, dan inovasi tentang pelayanan publik.

Berbagai progam kebijakan yang di tetapkan di maksudkan unyuk mengatasi permasalahan data kependudukan. Salah satunya permalasahan satu orang yang memiliki data ganda.

Mantan Kepala Bappeda Tuban ini berharap, berbagai kebijakan dan inovasi yang di kembangkan semakin mempermudah masyarakat dalam pengurusan dokumen kependudukan. Jika memang terdapat persayatan yang kurang lengkap, dapat di jelaskan dengan detail sehingga masyarakat tidak bolak - balik datang ke Kantor Desa, Kecamatan maupun ke Disdukcapil.

Sementara itu, Dandim Tuban Viliala Romadhon menyatakan, TNI siap bersinergi dengan Pemkab Tuban. Berbagai program kegiatan akan berafiliasi dengan program dari Pemkab.

" Kami akan senantiasa membangun kedekatan dengan masyarakat," terang Viliala Ramadhon.

Pamen melati dua itu menambahkan, saat ini personil Babinsa di seluruh Kecamatan di Tuban tengah melakukan pendataan kondisi wilayah teritorial. Salah satunya mencakup permasalahan yang di hadapi Kecamatan dan Desa.

Personil di Kodim 0811/Tuban kurang lebih 90 persen adalah warga asli Tuban. Kami siap mendukung berbagai program pembangunan Pemkab Tuban, papar pria berbadan tegap itu.

Reporter : Agus
Editor      : wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"