Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Kamis, 17 September 2020

Diduga Melakukan Pungli, DPC Lembaga Investigasi Negara (LIN) Pasuruan Beserta Warga Melaporkan Panitia PTSL Desa Baujeng ke Kejaksaan Negeri


Pasuruan, SNN.com - Terindikasi banyak dugaan penyelewengan dengan membebankan biaya Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) diluar peraturan surat keputusan bersama (SKB) 3 Menteri, Lembaga Investigasi Negara Cabang Pasuruan Bersama DPD 16 Jatim dan Komando Mandala Serta Masyarakat melaporkan panitia PTSL Desa Baujeng, Kecamatan Beji, Kabupaten Pasuruan ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Pasuruan, Kamis (17/09/2020).

Abdi Lestari, Ketua DPC Lembaga Investigasi Negara (LIN) Pasuruan membawa beberapa dokumen dan kuasa pelaporan yang ditandatangani beberapa warga dan diserahkan ke Kejaksaan Negeri Kabupaten Pasuruan.

Dalam Pengurusan PTSL di Desa Baujeng di kenakan biaya bervariasi mulai 750 sampai 1.000.000 lebih untuk membayar Penerbitan Sertifikat Hak Milik.

“Dengan besaran segitu sudah tentu bertentangan dengan surat keputusan bersama (SKB) 3 Menteri terkait PTSL. Sebab, jika mengacu hal itu pemohon yang berada di zona V hanya berkewajiban membayar 150 ribu,” terangnya.

“Kami menduga ada ‘main-main’ dari pihak panitia atau pun Kepala Desa (Kades). Karena dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) tiga menteri, Menteri Agraria, Menteri Dalam Negeri dan Menteri Desa Tertinggal, menyebutkan maksimal jumlah biaya yang dikeluarkan sebanyak Rp. 150.000, "tambahnya.

Pelaporan dugaan pungli PTSL di terima langsung oleh Kajari Pasuruan dan mengatakan “Kami siap Bersinergi dengan siapa saja dan Kami tentunya akan Bicara Hukum bukan Lainnya”

"Pengaduan ini kami terima dan Akan kami Pelajari setelah itu berkoordinasi dengan Kepolisian karena sudah ada MOU untuk sinergitas dalam penegakan Hukum, "ujarnya.

Saat Warga dan Pengurus Lembaga Investagasi Negara datang Melakukan Pengaduan tersebut Ketua Dewan Pembina LIN ikut serta mendampingi dan Berpesan “Mohon Laporan Kami di tindak Lanjuti dan Kami siap Bersinergi” Kami Berterima kasih di terima di sini dan di bantu dalam hal Penindakan.

H.Abd Karim sebagai perwakilan Warga mengucapkan terima kasih atas hadirnya Lembaga Investagasi Negara di Pasuruan ini. Kami Bangga masih ada Lembaga yang membantu pengawalan warga serta Berani Melakukan Pengawasan Kepada Pemerintah serta jadi Kontrol sosial.

"Kami dukung dan Kami siap Bergabung untuk Negeri ini, dan siap ikut melaporkan Kesewenang wenangan yang terjadi, ”Ungkapnya.

Lembaga Investigasi Negara (LIN) siap membela yang benar dan siap membantu masyarakat yang dalam kesulitan dan siap menjadi sosial kontrol demi terciptanya keadilan sosial bagi rakyat indonesia. Bergerak dalam diam, Sunyi senyap sampai tujuan, Satu visi satu misi satu komando, NKRI harga mati. (red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"