Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Sabtu, 19 September 2020

Edamame, Bisnis Kedelai Yang Menjanjikan


Bantul, SNN.com - Rohmad Suyudi, petani di Kelompok Tani Cepoko Desa Trirenggo Bantul melakukan panen kedelai edamame, Jumat (18/9/2020). Panen kali ini merupakan panen yang kedua, tuturnya. Produktivitas yang dicapai saat ini 10 ton/Ha polong basah. Produktivitas kali ini mengalami peningkatan dari panen perdana kemarin.


Kedelai edamame ini merupakan kedelai impor dari Jepang tetapi sudah berhasil diadopsi di Bantul. Rohmad membeli benih edamame ini di Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan DIY. Melihat dari pengalaman sebelumnya, Rohmad berhasil meningkatkan produksinya yaitu polong lebih berisi dan lebih besar. Harga edamame polong basah ini dibandrol Rp 15.000,-/kg untuk grade A dan Rp 13.000,-/untuk grade B. Untuk pemasarannya tidak mengalami kesulitan, sekarang dilakukan secara online melalui media sosial maupun secara langsung. Permintaan konsumen terhadap edamame ini semakin besar, bahkan sebelum panen sudah ada yang memesan.


Rohmad menyatakan bahwa keberhasilan tanam edamame ini dengan perlakuan yang berbeda dengan sebelumnya. Ia menambahkan pemberian pupuk KNO3, NPK mutiara dan pupuk organik. Jika dibandingkan dengan produksi komoditas lain, edamame ini sangat menjanjikan apalagi dengan masa tanam yang hanya 65 hari.


Dari pengalaman menanam edamame ini Rohmad ingin menyebarluaskan ilmunya kepada petani sekitar. Ia juga selalu melakukan inovasi untuk meningkatkan produktivitasnya.


Sumber : 

Fibrica Hananta Tur Saptarini, S.Pt.

PPL Kec. Bantul


Reporter : Rebianto

Editor      : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"