Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Selasa, 15 September 2020

Pembatasan Jam Malam di Perpanjang Bupati Tuban

Tuban, SNN.com - Bupati Tuban, H Fathul Huda, memperpanjang pembatasan jam malam di seluruh wilayah Bumi Wali. Hal itu dilakukan setelah hasil evaluasi pembatasan jam malam mulai pukul 21.00 WIB dua pekan sebelumnya, di nilai belum membuahkan hasil signifikan.

Keputusan perpanjangan penerapan jam malam tertuang dalam Surat Edaran yang di tanda tangani Bupati Tuban bernomor:  300/4741/414.012/2020. Apalagi hasil evaluasi tim Gugus Tugas Corona Virus Disease 2019 ( Covid-19 ) menyatakan, saat ini masih terjadi penambahan angka positif Covid -19.

Sesuai SE yang di tanda tangani Bupati Tuban H Fathul Huda tertanggal 15 September 2020 tersebut, perpanjangan pembatasan jam malam mulai pukul 21.00 WIB, berlaku mulai tanggal 16 hingga 30 September 2020.

" Surat Edaran sudah saya tanda tangani dan akan di sebarluaskan hari ini," tutur Bupati Huda usai memimpin rapat evaluasi terkait pelaksanaan Perbup Tuban Nomor: 65 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian Covid -19, di Pendapa Krido Manunggal Tuban, Selasa ( 15/09/2020 ).

Rapat evaluasi diantaranya juga dihadiri  Wabup Tuban Ir. H. Noor Nahar Hussein dan Forkopimda Tuban,  Sekretaris Daerah Dr. Ir. Budi Wiyana, M.Si,  Kepala Dinas Kesehatan dr Bambang Priyo Utomo, dan Direktur RSUD dr. R Koesma Tuban dr. Saeful Hadi.

Orang nomor satu di Bumi Wali ini menyatakan, evaluasi akan dilakukan secara berkala untuk mengetahui efektivitas kebijakan yang di terapkan dalam menekan angka positif di Kabupaten Tuban. Harapannya, seluruh upaya yang dilakukan oleh Pemkab dan lembaga terkait dapat secepatnya memutus angka penyebaran Covid -19.

Selain itu Bupati Huda menyampaikan, perlu adanya optimalisasi pelaksanaan Perbup 65 tahun 2020. Langkah tersebut di barengi penguatan sinergitas dan koordinasi antar lembaga untuk mencapai keberhasilan dalam pengendalian Covid -19 di Bumi Wali.

" Tujuannya, untuk menekan angka kasus baru konfirmasi Covid -19," paparnya.


Ia menegaskan, saat ini Satgas Covid -19 Tuban gencar melakukan operasi menyasar seluruh Kecamatan. Pada operasi tersebut, personil Satgas Covid -19 melakukan sosialisasi, edukasi, dan penegakan terpadu protokol kesehatan. Diantaranya, menggunakan masker, menjaga jarak aman, dan cuci tangan sabun.

Di temui usai rapat Sekda Tuban Dr Budi Wiyana menjelaskan, usai pemberlakuan Perbup 65 tahun 2020  kepatuhan masyarakat untuk memakai masker semakin meningkat. Guna mendukung tren positif tersebut, Dinas Kesehatan dan RSUD dr. R Koesma akan meningkatkan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat terkait protokol kesehatan.

" Salah satunya memberi pemahaman agar warga yang mengalami gejala Covid -19 segera berobat untuk mendapatkan penanganan medis," terangnya.

Di samping itu, juga di perlukan penguatan kesiapan fasilitas kesehatan seperti ketersediaan ruang rawat dan isolasi untuk pasien positif Covid -19.

Sekda Budi Wiyana menerangkan,  pemberlakuan jam malam dinilai berhasil meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan. Sejumlah titik keramaian masyarakat sudah sepi ketika malam. Meski begitu, beberapa usulan terkait pelonggaran aturan jam malam juga menjadi bahan evaluasi.

" Usulan masyarakat segera akan di tindak lanjuti, sehingga ketakutan masyarakat perihal terjadi penurunan omset jualan dan dampak ekonomi lainnya dapat di hindari," katanya.

Mantan Kepala Bappeda Tuban ini menambahkan tonggak keberhasilan dalam melawan Covid -19 adalah dengan patuh protokol kesehatan.

Reporter : Agus
Editor      : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"