Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Sabtu, 26 September 2020

DPKP DIY Gelar Bimtek Pemanfaatan Lahan Pekarangan di Era New Normal


Bantul, SNN.com - Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan DIY menggelar acara Bimtek Pemanfaatan Lahan Pekarangan di Era New Normal di Kelompok Wanita Tani (KWT) GEBANG ASRI bertempat di Dusun Gebangan Dagaran Desa Palbapang Kecamatan Bantul Kabupaten Bantul, Sabtu (26/ 09/ 2020).

 Kegiatan ini merupakan aspirasi dari anggota DPRD DIY, Danang Wahyu Broto, S.E., M.Si. Pelaksanaan kegiatan ini didanai oleh Dana Tak Terduga (DTT) dari provinsi.

Dalam kesempatan ini menghadirkan 4 orang narasumber yaitu anggota dewan dari Partai Gerindra Danang Wahyu Broto, DPKP DIY, Kabid TPHBUN DPPKP Bantul, dan Koordinator BPP Kecamatan Bantul. Pada dasarnya keempat narasumber tersebut menuturkan bahwa pentingnya pemanfaatan lahan pekarangan di rumah masing-masing dengan menanam tanaman hortikultura (buah-buahan, sayuran, biofarmaka maupun tanaman hias).

Di samping untuk memanfaatkan lahan pekarangan, setidaknya bisa mengurangi pengeluaran kebutuhan keluarga bahkan bisa menambah pendapatan keluarga dengan cara dijual ke orang lain.


Setelah semua narasumber menjelaskan teorinya, terakhir diadakan praktek pembuatan pesemaian dan menanam bibit sayuran dalam polibag. Semua peserta diwajibkan ikut praktek dan tergabung dalam 5 kelompok. Masing-masing kelompok terdiri dari 5 orang. Semua peserta mendapat fasilitas media tanam, polibag, plastik semai, benih sayuran, dan agensia hayati dengan harapan setelah acara bimtek ini selesai ada tindak lanjut untuk menanam sayuran di rumah masing-masing. Dalam kegiatan praktek ini dipandu oleh PPL dari BPP Kecamatan Bantul, Fibrica Hananta Tur Saptarini, S.Pt. Semangat dan antusiasme anggota KWT terhadap kegiatan ini mendapat respon yang baik.

Sumber : Fibrica Hananta Tur Saptarini, S.Pt.

Reporter : Rebianto
Editor      : Mas Pay.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"