Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Jumat, 21 Februari 2020

Desa Srimulyo Piyungan Juara Pertama Lomba Desa Tingkat Nasional

Bantul, SNN.com - Srimulyo  salah satu desa di kecamatan Piyungan  Kabupaten Bantul Yogyakarta yang bisa  mengukir prestasi setingkat Nasional, sebagai pemenang lomba desa juara 1 tingkat Nasional di Tahun 2019.

Wajiran Kepala Desa Srimulyo yang terlihat dengan Sosok yang sederhana namun mendapat  prestasi yang tak terduga tersebut membuat desa setempat menjadi sorotan dari berbagai pihak setingkat Nasional.

Wajiran juga menceritakan perihal perjalanannya dalam pengabdian membangun desanya selama 2 periode. Di mulai dari program PTSL (pendaftaran tanah sistematis lengkap) yang di ikutkan pada 2019 sebanyak 12.000 pemohon sudah terealisasi 10.000.

"Di Desa Srimulyo yang terdiri dari 22 dusun terdapat 14.300 petak tanah, yang kesemuanya sudah di daftarkan program PTSL. Di desa Srimulyo sudah 100% terealisasi. Tinggal nunggu yang 2000 pemohon sertifikat tanah yang belum keluar. Insya Alloh tahun ini sudah jadi semua," tandas Wajiran.

Di Desa Srimulyo sendiri ada yang berbeda dalam pemetaan tanah, yaitu SIGAP (sistem administrasi geografis pertanahan). Hal ini akan mempermudah siapa saja yang akan membuka/mengakses pemetaan pemilik tanah dan jumlah petak tanahnya secara online.

"Kita bekerjasama dengan seluruh staf desa untuk membuat sistem yang sederhana dan mudah di akses lewat internet. Siapa saja bisa mengakses SIGAP secara nasional untuk melihat pemetaan di desa kami," jelas kades.

Di samping itu Desa Srimulyo juga memiliki 17 titik tempat wisata yang dapat di kembangkan untuk pemasukan PAD dan wisata di Kabupaten Bantul, "pungkasnya.

Reporter : Sugianto
Editor      : Mas Pay

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"