Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Sabtu, 29 Februari 2020

Lomba Pramuka Tingkat II Kwaran Banyumanik Kota Semarang

Semarang, SNN.com - Lomba Tingkat II (LT II) tingkat kwaran Banyumanik dilaksanakan di SMP Hidayatullah Banyumanik, sabtu (29/02/2020), acara di awali  Daftar ulang yang sudah di mulai pukul 07.00, selanjutnya dilaksanakan upacara pembukaan mulai pukul 08,00 Wib, sekitar Pukul 09.00 wib lomba-lomba dimulai,  ada 7 lomba yang dilaksanakan dalam LT II diantaranya: Langkah pramuka dan senam pramuka dilombakan pertama untuk yang pertama.

Untuk penggalang putra melakukan Langkah Pramuka dilaksanakan di lapangan Futsal, Sedangkan untuk senam pramuka dilaksanakan lapangan futsal belakang. Setelah itu lomba Paduan suara dan LCT penyisihan dan Dilanjut ISOMA. Setelah ISOMA  dilanjutkan Hasta karya, semaphore dan KIM.

Di sela-sela lomba  Salah satu Pembina pramuka yang juga Sebagai Kepala Sekolah  SD srondol wetan 06 Sri Sayuti, S.Pd.,M.Si yang di wawancarai Awak media mengatakan Kegiatan ini sangat berguna untuk anak didik kami untuk itu kami dari SD Srondol Wetan 06 benar-benar mempersiapkan baik fisik dan mental anak-Anak agar mereka bisa berprestasi dalam kegiatan ini. Adapun Tujuan LT adalah untuk membina dan mengembangkan penghayatan kode kehormatan yang berupa Janji Trisatya dan Dasadarma Pramuka, serta memupuk persaudaraan dan persatuan dikalangan para Pramuka Penggalang.


Sedangkan Sasaran yang ingin dicapai adalah agar setelah mengikuti LT II para Pramuka Penggalang  bisa:
1. Meningkatakan kemampuan mental, fisik dan pengetahuannya, serta semangatnya untuk maju terus pantang putus asa.

2. Memperoleh tambahan pengalaman, ketrampilan dan sahabat serta kesan yang baik dan memuaskan.

3. Meningkatkan disiplin pribadinya, rasa tanggung jawabnya, dan kesetiannya terhadap regunya, pasukannya, gugusdepannya, dan organisasi Gerakan Pramuka pada umumnya.

4. Lebih memahami dan menghayati semangat kepramukaan beserta satya dan darmannya, sistem beregu, kerukunan, kekompakan, kegotong-royongan, dan kesetiakawanan.

Adapun fungsi LT II  adalah sarana untuk : 1. Menerapkan dan menilai satya dan darma Pramuka, pengetahuan serta pengalaman yang diperoleh para Pramuka Penggalang dalam latihan-latihan di satuannya.

2. Menyalurkan kegemaran para Pramuka Penggalang yang suka berlomba kearah kegiatan yang berguna dan bertujuan Pendidikan.

3. Membina dan mengembangkan kepemimpinan serta kemampuan mengelola regu dan kegiatannya.

4. Membina dan mengembangkan mental, fisik, pengetahuan, pengalaman dan ketrampilan para Pramuka Penggalang.

5. Memberi kesempatan dan kepercayaan kepada Pramuka Penggalang melaksanakan kegiatan-kegiatan dari, oleh dan untuk kepentingan mereka dengan pengawasan dan tanggungjawab para Pembina Pramuka melalui sistem beregu.

6. Mengevaluasi hasil usaha pembinaan para Pramuka Penggalang untuk dapat merencanakan pendidikan Pembina Pramuka yang sesuai.


Dari hasil Lomba Tingkat II Kwaran Banyumanik maka SD Negeri Srondol wetan 06 memperoleh kejuaraan sebagai berikut:
1. Senam
Regu Putra Juara 2
2. LCC
Regu Putra Juara 2
Regu Putri Juara 1
3. Langkah Pramuka
Regu Putri juara 3
4. Simapore
Regu Putra juara 3
Sekaligus menyabet
Juara Umum untuk
Regu Putra Juara III
Regu Putri Juara II

"Kami sangat bersyukur anak-anak didik kami bisa berprestasi dalam kegiatan lomba kali ini, "ungkap Sri Sayuti

Reporter : Adi Set
Editor      : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"