Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Rabu, 19 Februari 2020

Kapolres Maluku Tenggara Indra Fadillah Siregar, SH, SIK, MH, di Angkat Sebagai Anak Adat Putera Kei

Langgur, SNN.com - Kapolres Maluku Tenggara, Indra Fadillah Siregar, SH, SIK, MH diangkat dan diterima sebagai Putera Kei melalui acara "Madivun Adat" di kediaman Rat Famur Danar, Ohoi Danar, Selasa, (18/02/2020).

Bupati Maluku Tenggara, M. Thaher Hanubun menjelaskan bahwa inisiasi ini merupakan suatu gambaran akan kecintaan dan kerelaan Bp. Indra Fadillah Siregar untuk benar-benar menyatu dengan Masyarakat Kei.

Menurut Bupati, di Kab. Maluku Tenggara Kelembagaan Adat dan Masyarakat Hukum Adat diakui dan dihormati dalam kedudukan sebagai mitra pemerintah daerah. Berdasarkan UU No 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah mengamanatkan salah satu kewenangan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota dalam Penyelenggaraan urusan Pemberdayaan Masyarakat Desa adalah Pemberdayaan Lembaga Adat dan Masyarakat Hukum Adat.

Komitmen Bupati, selalu dan senantiasa menjaga Keharmonisan tiga tungku (Adat, Pemerintah dan Agama) akan selalu diperjuangkan, termasuk peran yang akan dilaksanakan guna kelancaran pembangunan daerah ini. 


Beliau mengakui, dengan penerimaan dan pengangkatan Bp. Indra Fadillah Siregar menunjukan suatu penghormatan dan pengakuan yang sekaligus menggambarkan cinta dan kesatuan dengan Masyarakat Kei. Hanubun mengatakan, masyarakat Kei harus berbangga, bahwa kehidupan kita sebagai suatu kesatuan masyarakat hukum adat diapresiasi dan benar-benar dihargai. Bupati tegaskan, hal ini harus menjadi refleksi bagi kita, untuk bagaimana kita mampu mengembangkan nilai-nilai luhur adat-istiadat kita.
Beliau berharap, jika Bpk. Indra Fadillah Siregar mampu menghargai adat-istiadat orang Kei, maka sudah selayaknya orang Kei sendiri harus lebih mampu untuk mencintai adat budayanya.
Turut hadir pada kegiatan tersebut, Wakil Wali Kota Tual, Forkopimda Maluku Tenggara dan Para Rat/Raja serta Masyarakat Adat setempat.

Report: Buyung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"