Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Sabtu, 29 Februari 2020

Tugu Pancasila Jadi Ikon Desa Pohbogo - Balen

Bojonegoro, SNN.com - Nampaknya bangunan berupa tugu  dengan ornamen lambang negara Garuda dan  Pancasila se kabupaten Bojonegoro hanya ada di Desa Pohbogo, Kecamatan Balen. Bahkan keberadaan tugu itu mampu menjadi ikon desa.

Terletak di tepi perempatan jalan desa, tugu dengan ornamen Garuda dan Pancasila ini dibangun pada 1974. Dan di rehab total pada 2019 oleh pihak Desa Pohbogo, Kecamatan Balen, Kabupaten Bojonegoro - Jarim.

Dari kajauhan ketika akan memasuki Desa Pohbogo dari arah Desa Penganten - Balen, pasti akan terlihat sebuah bangunan tugu berwarna kuning cerah di tepi perempatan jalan. Tugu yang dibangun 1974 oleh Bapak Karnawi, Kades Pohbogo waktu itu.

Lambat laun kondisi tugu pun warnanya berubah kusam. Hingga Imam Zarkhoni, Kades Pohbogo berinisiatif untuk merehab bangunan  dan kini nampak jauh lebih bersih dan bersinar.

"Ya karena nampak kusam maka kami berinisiatif untuk merehab bangunan tersebut. Apalagi tugu itu termasuk bangunan bersejarah peninggalan Kepala Desa Pohbogo terdahulu," jelasnya.


Tugu Pancasila yang berada di Pohbogo ini lanjut Imam.sudah dikenal masyarakat dari berbagai daerah. Dan tugu itu bisa menjadi ikon yang menambah kesan daya tarik tersendiri.

Imam, Kades yang sudah menjabat dua periode ini juga berkeinginan di tempat sekitar tugu itu dibangun taman dan fasilitas lainnya yang memberikan daya tarik bagi masyarakat pengunjung atau yabg melintas  Sehingga keberadaannya juga mampu menjadi destinasi wisata khususnya di wialayah Kecamatan Balen.

"Mudah - mudahan keinginan kami dapat terwujud hingga menjadikan Pohbogo sebagai desa yang juga memiliki potensi wisata. Karena di sini juga terdapat bangunan bersejarah peninggalan Belanda yang masih berfungsi dan bisa menjadi obyek daya tarik wiisatawan," pungkasnya.

Reporter. : Muhammad Nastain
Editor       : Wafa

2 komentar:

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"