Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Rabu, 15 Juli 2020

Dinas Dukcapil Kabupaten Tuban Diklat Operator SIAK, Tingkatkan Pelayanan Pada Masyarakat

Tuban, SNN.com - Dr. Ir. Budi Wiyana M.Si, Sekertaris  Daerah ( Sekda ) Kabupaten Tuban secara resmi membuka Bintek Pelaksanaan Kebijakan dan Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan yang di ikuti oleh Operator Sistem Informasi Administrasi Kependudukan ( SIAK ) Kecamatan dan Petugas Registrasi Desa se-Kabupaten di lantai 3 ruang rapat RH Ranggalawe. Rabu ( 15/07/2020 ).

Di sesi Pembukaan acara tersebut juga dilakukan penandatanganan kerja sama antara Dukcapil dengan Rumah Sakit Nahdlatul Ulama ( NU ) Tuban dalam rangka peningkatan pemanfaatan data kependudukan, juga percepatan layanan Adminduk, khususnya dalam hal perubahan KK dan penerbitan Akta kelahiran.

Dalam sambutannya Sekda menyampaikan, Bintek tersebut sebagai upaya untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan teknis operator Desa dan Kecamatan dalam memberikan layanan yang semakin baik, karena Dokumen KTP pada era saat ini sudah menjadi sedemikian penting, peran Opsi Kecamatan dan Desa menjadi semakin strategis, karena harus secara proaktif mengawal validasi data kependudukan di tingkat Desa dan Kecamatan.

“ Kabupaten Tuban sebentar lagi akan melaksanakan pemilihan Kepala Daerah, maka untuk mensukseskannya di perlukan data kependudukan yang valid, perkembangan dan mutasi penduduk hendaknya secara terus menerus dapat ter update, ke depan di harapkan di jadikan sebagai rujukan dan acuan dalam penetapan  program bantuan sosial,  sehinga tidak lagi terjadi BST yg di kembalikan,” tutur Sekda dalam sambutanya.


Sementara itu, di temui setelah kegiatan pembukaan, Kepala Dinas Dukcapil, Drs. Rohman Ubaid, menyampaikan bahwa  di samping sbg upaya meningkatkan SDM operator SIAK di tingkat Desa dan Kecamatan, bintek ini juga bertujuan  menyamakan persepsi terhadap beberapa perubahan kebijakan yg ada, sehingga terdapat keseragaman dalam implementasinya dalam memberikan pelayanan",

“ Agar ke depan update data di tingkat Desa semakin valid sesuai dengan perkembangan penduduk Kabupaten Tuban, baik menyakut perubahan elemen data kependudukan, lahir mati maupun yang pindah atau datang,” ujar Drs. Rohman Ubaid.


Lebih lanjut, Kepala Dinas Dukcapil yang juga plt. Dinas Komunikasi dan Informatika ( Kominfo ) menyampaikan bahwa kerjasama Dukcapil dengan Rumah Sakit NU adalah bagian dari upaya percepatan pelayanan kepada masyarakat, khususnya terhadap percepatan penerbitan akta kelahiran dan  perubahan KK karena bertambahnya anggota keluarga.

“ Proses pengajuan juga sama secara online, "ujarnya.

Pada acara tersebut, tampak hadir pula Direktur Rumah Sakit Nahdlatul Ulama Tuban dr.Didik Suharsono, M.ARS., MM.

Reporter : Agus
Editor     : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"