Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Minggu, 26 Juli 2020

Pemimpin Desa Yang Bermarwah

Pandangan Ketua Umum Lembaga Investigasi Negara Johanis Eddy Tuwul.

Maluku, SNN.com - Majunya sebuah desa itu terletak pada SOSOK PEMIMPINNYA yang akan menahkodai desa tersebut. Seorang pemimpin harus benar-benar faham mengenai konsep dasar untuk menciptakan sebuah pergerakan yang bisa memajukan desanya demi tercapainya masyarakat yang sejahtera.

Banyaknya permasalahan desa yg timbul seperti pembangunan yang belum maksimal, potensi desa yang belum dimaksimalkan dalam pengelolaannya dan ditambah lagi karena pandemi COVID-19 ini jumlah pengangguran yg bisa dikatakan relatif tinggi.

Untuk menyelasaikan itu semua seorang pemimpin harus bisa menjadikan desa kita sebagai DESA yg MANDIRI. Desa mandiri yg dimaksud adalah desa yang  bisa menciptakan lapangan kerja bagi masyarakatnya dan mampu mengelola potensi yg ada dengan management yg maksimal dan sudah di uji keberhasilannya.

Adapun konsep dasar yang menurut saya  perlu diperhatikan adlah:

(-) pendekatan Spasial (tata ruang)
       Pendekatna yg bisa menjdi dasar/acuan arah pembangunan desa, dengan memperhatikan tata ruang dan pemetaan desa untuk melihat potensi desa.
(-) Pendekatan Sektoral (BUMDes)
        Pendekatan ini fokus untuk membangun ekonomi desa agar menjadi desa yang mandiri. Pendirian dan pemberdayaan BUMDes masuk dalam konsep pendekatan ini.
(-) Pendekatan Sumber Daya Manusia (SDM)
        Pendekatan ini bertujuan untuk memperkuat kapasitas pemerintah desa dan masyarakat dalam mengelola potensi desa. Pendidikan untuk generasi penerus desa perlu diperhatikan, agar keberadaan desa yang sejahtera dapat berkelanjutan.
(-)Pendekatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK)
      Johanis menambahkan Pendekatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan, transparansi dan akuntabilitas. Kemajuan teknologi dan arus informasi, juga harus dipergunakan untuk kesejahteraan masyarakat desa. Seperti, mempermudah layanan publik dan memberi transparansi penggunaan dana desa.

Adapun yang ingin menambah dipersilahkan,. Maaf kalau ada yg khilaf.

'Bukan hanya panggilan hati, pemimpin desa harus mengerti tentang ini'

"Para pemimpin sejati memahami bahwa kepemimpinan bukanlah tentang mereka tetapi tentang mereka yang dilayani. Ini bukan tentang meninggikan diri mereka sendiri tetapi tentang mengangkat orang lain tutur Johanis Eddy Tuwul Ketua Umum Lembaga Investigasi Negara"

Ayo kawal desa anda

Editor : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"