Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Kamis, 30 Juli 2020

Wedang Uwuh Ayuk Pariyem, Ampuh Tingkatkan Imun Disaat Pandemi Covid-19

Yogyakarta, SNN.com - Menikmati indahnya kota Jogjakarta tidak saja terpesona akan keindahan Yogjakarta dengan tempat-tempat wisatanya. Tetapi jajanan kuliner yang beraneka ragam jenisnya termasuk menjadi daya tarik bagi wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Sebagaimana disepanjang trotoar seputar pasar Bringharjo, di sekitar alun-alun Utara, Alun-alun Kidul(Alkid) hingga pusat jajanan pasar di Taman sari bekas pasar Burung Ngasem. Disana banyak ragam jajanan tradisional tersaji menggoda lidah kita. Juga beraneka sajian minuman tradisional tidak mau ketinggalan, ada kopi arang, susu jahe, wedang secang, Dawet Ayu, Dawet hitam, es tebu, es asem dan lain-linya. Wisatawan juga tidak perlu takut dengan harga kuliner disana, dijamin terjangkau, sebab  tergolong murah-meriah.

Semenjak adanya pandemi covid19 yang hampir setengah tahun yang lalu,membuat usaha kecil warga Jogja menjadi sangat sepi. Wisatawan lokal maupun manca Negara tidak ada yang mengunjungi kota budaya ini. Akibatnya banyak pekerja-pekerja dibidang pariwisata atau yang berkaitan erat denganya. Akibatnya banyak pekerja-pekerja dibidang industri pariwisata terdampak langsung hingga dirumahkan sementara.

Ayuk Pariyem (44) begitu dia biasa disapa adalah salah satu korban pekerja disebuah koprasi pariwisata harus rela diberhentikan dari pekerjaanya sementara hingga waktu yang tidak ditentukan. Hidup dikota kata Ayuk yang dihungi Kamis 30 juli 2020 kehilangan sebuah pekerjaan benar-benar membuat pusing.Jadi harus memutar otak agar jangan sampai kebutuhan keluarga tidak tercukupi gara-gara corona. Ayuk harus menghidupi keluarganya secara mandiri, apalagi Ayuk adalah seorang singgel peren yang tidak ada lagi tulang punggung keluarga sebagai pencari nafkah.

Timbulah gagasan untuk berjualan minuman yang berbeda denga yang ada selama ini.Dan yang terpenting produks dagangan yang diinginkan bisa ditawar-tawarkan  melalui mediasa secara online maupun langsung datang di autlit rumahnya, hingga diputuskan untuk usaha jualan minuman ber energi, berfitamin dan menongkatkan stamina bagi peminumnya.Dia harus mencari keberbagai lokasi untuk kebutuhan bahan-bahan wedang uwuhnya.

Wedang uwuh milik Ayuk Pariyem sangat bermanfaat bagi kesehatan badan,sebab terbuat dari racikan rempah-rempah tradisional tanah jawa kususnya Yogjakarta, seperti daun pala, cengkih, daun manis jangan, secang, sereh, kapulaga, jahe dan lain-lainya diseduh dengan gula batu terbaik.


Ayuk Pariyem yang membuka usaha wedang uwuh dirumahnya Notoprajan NG/II/690,Ngampilan Jogjakarta ini menceritakan, usaha barunya ini dijalankan secara online maupun datang langsung menikmati ditempat. Alhamdulillah mulai lancar, banyak pelanggan yang datang maupun melalui perpesanan. Bahkan selain dari seputar Jogja juga ada yang dari Bandung maupun Jakarta.Ada yang pesan antara 5 pack hingga 40pack, katanya.

Kami harus kerja keras dalam mencukupi kebutuhan keluarga, karena tidak ada lagi orang yang bisa diandalkan. Dalam menjalankan usahanya ini Ayuk tetap serius sambil menunggu keadaan normal seperti dulu lagi dan bisa bekerja secara formal ditempat dia bekerja sebelumnya.Yaitu sebagai juru penerangan Sejarah Kraton Ngayogjokarto Hadiningrat. Siapa tahu keberuntungan berpihak pada kami dengan usaha wedang uwuh bisa mengangkat saya jadi pengusaha sukses, tuturnya.

Setiap usaha asal dijalani dengan sungguh-sungguh dan mau sedikit berbagi pada orang lain serta jangan lupa minta do'a orangtua, Insya Allah lancar dan berkah.
Selain usaha wedang uwuh, saya juga tetap mempromosikan wisata Jogja dan produks-produks lokal seperti bathik, barang-barang antik, seperti keris maupum jenis-jenis kerajinan asli Jogja, pokoknya apa saja saya jalani asal halal, pungkasnya.

 Bagi yang hendak pesan wedang uwuh pada Ayuk dapat menghubungi alamat tersebut diatas dijamin aman dan menjngkatkan stamina disaat musim corona.

Reporter : Wajiyo
Editor     : Mas Pay.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"