Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Senin, 27 Juli 2020

Kelompok Tani Ngelo Lestari Bakal Semai Benih Sengon dan Acasia 30.000 Batang Untuk Musim Tanam 2021

Gunungkidul, SNN.com - Menghadapi musim tanam 2021 mendatang, Kelompok Tani Ngelo Lesatari bakal semai benih sengon dan acasia sebanyak 30.000 batang yang akan dibagikan kepada petani.

Kelompok tani yang beralamat di padukuhan Ngelo, Kalurahan Petir, Kapanewon Rongkop, Gunungkidul, D.I.Yogyakarta saat ini memang fokus pada kegiatan Kebun Bibit Rakyat ( KBR ) yang nantinya akan mencukupi kebutuhan bibit sengon dan acasia bagi petani-petani di kalurahan Petir khususnya, Senin (27/07/2020).

Menurut ketua kelompok Tani Ngelo Lestari Drs.Sutrisno yang ditemui dilahan milik kelompok, menjelaskan saat ini kelompok baru menerima dana sebanyak sepertiga dari jumlah anggaran seluruhnya, guna persiapan lahan, instalasi air, pembuatan pondok kerja dan lain-lain, jelasnya.

Bahkan untuk tahun ini Kelompok Tanu Ngelo Lestari yang beranggotakan 14 orang mendapatkan bantuan dana  dari Kementrian Kehutanan Republik Indonesia senilai Rp 50.000.000 ( Lima Puluh Juta Rupiah ), "imbuhnya.

Dana bantuan yang diterima sebanyak 50.000.000, dikandung maksud untuk membantu petani yang terdampak covid-19 di Gunungkidul kususnya. Dimana tahun ini di seluruh Gunungkidul ada 10kelompok tani yang menerima bantuan serupa tersebar dibeberapa kapanewon. Sementara jenis bibit yang dopersiapkan bagi petani daiantaranya ada bibit sengon, acasia, jabon, jati, petai cina dan lain sebagainya tergantung permintaan masing - masing kelompok tani .

Masing- masing kelompok tani saat ini fokus pada Kebun Bibit Rakyat(KBR) dalam kapasitas sebagai pelaksana mewakili masyarakat tani dalam penyediaan bibit guna ditanam pada musim hujan 2020/2021.


Khusus di kalurahan Petir memang masih terlihat banyak lahan kosong yang sangat perlu dihijaukan kususnya buat tanaman kayu sengon dan acasia. Hal ini dengan pertimbangan bahwa bibit sengon maupun acasia lebih cocok dan pertumbuhanya lebih cepat, sebab dalam tempo lima tahun hingga 7 tahun, jenis tanaman keras ini sudah bisa dipanen dengan hasil cukup bagus.

Di kalurahan Petir yang terdiri dari 13 padukuhan ini dalam musim tanam nanti tidak mungkin semua mendapat bagian bibit sengon dan acasia yang kami sediakan karena dalam jumlah yang sedikit. Untuk itu mudah-mudahan pada tahun berikutnya masih bisa dipercaya oleh kementrian kehutanan Republik Indonesia kembali.

Dalam keanggotaan maupun tenaga kerja yang terlibat di KBR ini nantinya diupayakan dari kelompok Ibu-ibu maupun anak-anak sekolah yang terdampak pandemi covid-19.Sehingga sedikit membantu meringankan beban kebutuhan rumah tangga dan bagi anak-anak sekolah bisa mengurangi main game ataupun kegiatan lain yang kurang bermanfaat.

Reporter : Wajiyo
Editor     : Mas Pay

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"