Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Sabtu, 18 Juli 2020

DPRD Kabupaten Tuban Minta Pemerintah Daerah Perkuat Ekonomi Dengan Melibatkan UMKM, Dimasa Pandemi Covid - 19

Tuban, SNN.com - Dalam upaya mempertahankan serta melindungi seluruh sektor ekonomi dimasa pandemi Covid -19 ini, Komisi IV ( Empat ) DPRD Kabupaten Tuban melakukan Kunjungan Kerja ( Kunker ) ke Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan ( Koperindag ) Kabupaten Tuban. Jum’at, ( 17/07/2020 ).

Ketua Komisi IV, Hj. Tri Astuti, SH menilai dampak ekonomi dari perlambatan ekonomi yang timbul akibat pandemi Covid -19 ini dapat memunculkan kemiskinan baru. Selain itu, juga dapat berdampak pada penurunan Pendapatan Asli Daerah ( PAD ).

Menurut Astuti, dalam upaya pemulihan ekonomi, Pemerintah Daerah perlu memberikan program bagi pelaku ekonomi kreatif dan UMKM. Selain memberikan bantuan modal kerja, Pemerintah juga memberikan wadah dalam pemasaran produk yang di hasilkan.

“ Pemberian fasilitas maupun kebijakan strategis dengan mewajibkan toko modern untuk menerima penjualan produk UMKM Tuban juga harus di berikan,” kata Politisi asal Gerindra itu.


Dokumentasi Komisi IV saat melakukan Kunker ke Dinas Koperindag Kabupaten Tuban
Astuti juga meminta Pemerintah Daerah harus tegas dalam menertibkan ijin berdirinya toko - toko modern. Dengan menjamurnya toko - toko modern di Tuban ini maka akan mengakibatkan berkurangnya pendapatan pedagang tradisional.

Ketua Komisi IV itu berharap, penguatan ekonomi yang dilakukan harus mempertimbangkan aspek usaha mikro dan ekonomi kreatif lainnya. Selain itu, Pemerintah Daerah juga mempermudah ijin usaha bagi pelaku UMKM di Tuban.

“ Pemberdayaan UMKM harus di maksimalkan juga, misalnya di masa pandemi ini Pemerintah memproduksi masker secara masal dengan melibatkan pelaku UMKM,” jelasnya.

Reporter : Agus
Editor     : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"