Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA



Selasa, 16 Februari 2021

BPP Bantul Lakukan Ubinan Padi Sunggal Milik Suharti di Bulak Kweden Trirenggo Bantul


Bantul, SNN.com,- Penyuluh pertanian BPP Bantul lakukan ubinan padi varietas Sunggal milik Suharti di Bulak Kweden, Kalurahan Trireneggo, kapanewon Bantul, Selasa 16/02/2021. 

Hasil ubinan ini bertujuan untuk mengukur produktivitas padi yaitu jumlah produksi per hektar. Dari hasil ubinan diperoleh produksi 3.33 kg yang diukur dengan alat 2.5 x 2.5 meter sehingga produktivitasnya 5.33 ton/Ha gabah kering panen.

"Biasanya produktivitas padi menurun jika ditanam pada awal musim hujan yaitu bulan Oktober-November. Panen kali ini menurun sampai hampir 40% dari biasanya yang pada musim tanam kemarin bisa mencapai 8 ton/Ha GKP." kata Suharti.

"Produksi padi biasanya tinggi pada musim tanam Juli-Agustus dan panen November-Desember." imbuh Fibrica selaku PPL BPP Bantul.


Namun demikian Suharti tetap bersyukur karena masih bisa menikmati hasil panennya kali ini. Beras varietas Sunggal ini mempunyai tekstur agak keras jika dibandingkan varietas Ciherang atau Situ Bagendit. Panen di Bulak Kweden dilakukan secara serentak dengan menggunakan tenaga manual dengan proses perontokannya menggunakan power threser. Tenaga panen dilakukan oleh warga di luar Kapanewon Bantul, Suharti sudah berlangganan mengambil tenaga dari Kapanewon Pundong.

Setelah panen ini selesai akan segera dilakukan proses olah tanah dan sebagian lokasi untuk membuat pesemaian. Varietas padi yang akan ditanam masih beranekaragam sesuai keinginan petani. Yang pasti dari pihak dinas maupun penyuluh sudah tidak merekomendasikan penggunaan varietas IR 64 karena sudah rentan terhadap serangan OPT. Penggunaan benih berlabel, berkualitas dan varietas unggul tahan wereng (VUTW) serta budidaya padi sehat sangat dianjurkan untuk meningkatkan produktivitas.

Reporter : Rebianto
Editor      : Mas Pay.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"