Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA




Kamis, 25 Februari 2021

Tim Analis PMHP dan Ketapang DPPKP Bantul Verifikasi PD di Gapoktan Bantul dan Palbapang


Bantul, SNN.com - Tim analis Pengawas Mutu Hasil Pertanian (PMHP) dan Bidang Ketahanan Pangan (Ketapang) Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan Kab. Bantul mengadakan verifikasi sertifikat Produk Domestik (PD) untuk komoditas beras, Kamis 25/2/2021.

 Kegiatan ini dilaksanakan di beberapa Gapoktan, antara lain Gapoktan Tri Manunggal Bantul dan Gapoktan Sri Rejeki Palbapang.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memverifikasi dan cek produk gapoktan yang sudah maupun belum mempunyai sertifikat PD. Bagi produk yang belum mempunyai sertifikat PD akan difasilitasi untuk mengajukan proposal pembuatan sertifikat PD. Fungsi sertifikat PD ini adalah untuk jaminan mutu suatu produk pertanian segar. Selain beras juga bisa untuk produk hortikultura. Dengan adanya sertifikat PD ini akan menambah nilai jual suatu produk di pasar dan bisa masuk ke pasar swalayan.

"Rencana ke depan gapoktan akan bekerjasama dengan petugas TKSK Kapanewon Bantul maupun e-warung penyedia sembako program BPNT untuk mensuplai stok beras di e-warung. Dengan harapan supaya beras produksi Bantul tidak akan dijual ke luar Bantul. " jelas analis PMHP, Aribowo.

Gapoktan Tri Manunggal Bantul bersedia mensuplai 40 ton per bulan untuk memenuhi kebutuhan BPNT baik di Kapanewon Bantul maupun sekitarnya dengan kualitas medium dan dengan harga lebih murah dibandingkan harga pasar.

 "Untuk kesepakatan kerja sama (MoU) ini akan kami pertemukan antara pihak Gapoktan dengan TKSK yang akan difasilitasi oleh BPP Kap. Bantul beserta tim dari DPPKP Bantul. " imbuh Fibrica, PPL BPP Kap. Bantul

Reporter : Rebianto
Editor      : Mas Pay.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"