Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Selasa, 09 Februari 2021

Dandim 0820/Probolinggo Manfaatkan Kolam Selain Pelihara Ikan Menjadi Ladang Aquaponik


Probolinggo, SNN.com - Dengqn memaksimalkan lahan yang ada di komplek Makodim 0820/Pribolinggo agar bermanfaat terutama di masa pandemi Covid-19 ini, Komandan Kodim 0820/Probolinggo, 
Letkol Inf Imam Wibowo memelopori  jajarannya menanam aquaponik yang terbuat dari bahan limbah plastik menjadi pot kecil di atas kolam ikan milik Kodim 0820/Probolinggo.

Dengan maksud memaksimalkan lahan agar berdaya guna dan tepat guna serta menambah keindahan dan keasrian lingkungan maka di buatlah kebun aquaponik di kolam ikan Kodim 0820/Probolinggo, Selasa, (9/2/2021) 

Pembuatan lahan hidroponik ini terinpirasi oleh genangan genangan air di musim penghujan seperti saat ini, dengan adanya genangan air yang tak terurus membuat pandangan mata tak nyaman dan terkesan jorok. 

Tanaman hidroponik bisa meningkatkan daya resapan air maka di buatlah tanaman aquaponik seperti  Kangkung, Slada dan lain lain yang dapat hidup subur di lahan yang basah.
 
“Kita melakukan penanaman ribuan bibit kangkung dan sejenisnya dengan memanfaatkan pot kecil ini merupakan teknologi tepat guna dan ramah lingkungan ,” ucap Letkol Inf Imam Wibowo kepada tim Penerangan Kodim 0820/Probolinggo.


Selanjutnya, Komandan juga menyampaikan bahwa telah memerintahkan anggota untuk menerapkan program satu anggota satu tanaman di kolam ikan tersebut. Dengan kata lain setiap anggota wajib menanam satu tanaman dan dirawat, agar dapat tumbuh dan bisa bermanfaat kelak, "ujarnya. 

Kegiatan ini juga merupakan kegiatan jaga lingkungan agar bersih dan pada akhirnya bisa juga memutus penyebaran covid 19.
Kamandan juga memerintahkan jajarannya untuk mengikuti langkah tersebut di lakukan 
di Koramil jajarannya. 

Reporter : Hari
Editor      : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"