Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA




Kamis, 11 Februari 2021

RPT Handayani Gunungkidul Semprot 40 Ha Sawah Guna Mencegah Datangnya Hama/Penyakit


Gunungkidul, SNN.com - Dengan adanya curah hujan dan iklim cuaca yang kurang bersahabat, tanaman padi rentan terhadap serangan hama/penyakit. Baik padi yang ditanam pada lahan tanah tadah hujan maupun di persawahan. Hama/penyakit yang sering mengganggu tanaman padi diantaranya wereng, ulat daun, uret dan mentul. 

Untuk mencegah datangnya serangan hama/penyakit tersebut, Regu Pengendali Tanaman(RPT) Handayani Gunungkidul bersama RPT Provinsi D.I.Yogyakarta dan sedulur tani kapanewon Ponjong, mengadakan gerakan penyemprotan  secara masal dilokasi bulak sawah Umbulrejo, Ponjong, Gunungkidul, D.I.Yogyakarta, Kamis (11/2/ 2021).

RPT Gunungkidul Handayani yang saat ini beranggotakan 30 orang bahu-membahu membantu kadang tani  dengan menyemprot sawah mereka agar padi dibulak sawah Umbulrejo dan sekitarnya terhindar dari hama/penyakit. Penyemprotan kali ini dalam pelaksanaanya mencapai 30 hingga 40 hektare tanaman padi. 


Menurut mbah Marsiyo seorang tokoh masyarakat kapanewon Ponjong, kegiatan ini dikandung maksud untuk mencegah agar tanaman padi para petani tidak terserang hama/penyakit yang bisa mengakibatkan gagal panen. 
Untuk itu kami dari RPT Handayani Gunungkidul bersama para petani mengadakan penyemprotan tanaman padi bulak sawah Umbulrejo ini hingga mencapai kisaran 30 hingga 40 hektare. Jenis obat yang digunakan untuk menyemprot tanaman padi ini diantaranya menggunakan tetes tebu, pgpr, paini dan bivoria besiana. 

Tentu hal ini sangat membantu bagi petani dan mereka berharap nantinya benar-benar tidak ada gangguan hama/penyakit terhadap tanaman padi mereka. Sehingga hasil panenya bisa maksimal.

Kegiatan ini juga dihadiri ketua RPT Provinsi D.I.Yogyakarta  Ir. Prayoto, OPT Gunungkidul Supomo dan RPT Gunungkidul Handayani Robana. 

Reporter : Wajiyo
Editor      : Mas Pay

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"