Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Kamis, 25 Februari 2021

Biaya PTSL Kecamatan Babat Paling Rendah Dibanding Kecamatan Lain


Lamongan, SNN.com - Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) tahun 2021 yang ada di Kecamatan Babat, Kabupaten Lamongan tergolong paling rendah pembiayaan dibandingkan dengan Kecamatan lain di Kabupaten Lamongan, hal ini telah diungkapkan Camat Babat M. Mulkan, selasa (24/2/2021)

"program PTSL Di Kecamatan Babat ini tergolong program biaya paling rendah dibanding Kecamatan lain, pasalnya kita hanya memungut biaya 450 ribu untuk satu bidang yang diajukan", ungkapnya.

Di Kecamatan Babat hanya ada 3 Desa yang dapat program PTSL ini, yakni Desa Truni, Desa Gembong dan Desa Kuripan.

Program yang ditargetkan bulan Juli 2021 selesai ini diharapkan dapat membantu masyarakat agar ada kejelasan tentang kepemilikan aset tanah masyarakat desa setempat, dan tidak ada sengketa ataupun klaim dari pihak-pihak lain.

Di dalam bermasyarakat pasti ada konflik mengenai hak waris sejumlah bidang tanah, hal ini masing-masing Pemerintah Desa yang mendapat program PTSL siap memfasilitasi warganya untuk musyawarah keluarga baik di Balai Desa ataupun di rumah keluarga yang membutuhkan bantuan Pemerintah Desa untuk menengahi masalah hak waris.

Kepala Desa Kuripan Eko Harianto membenarkan, biasanya program sertifikat tanah itu terkendala mengenai hak waris ataupun ahli waris, macam-macam lah mengenai hal itu, ada yang dulu anaknya masih kecil-kecil tanah sudah dijual orang tuanya, terus sekarang nuntut haknya, dan banyak lagi. disitu tugas Pemerintahan Desa untuk menengahi agar tidak ada kesalahpahaman" ungkap Kepala Desa yang dilantik tahun 2019 ini.

Program PTSL ini adalah salah satu wujud Pemerintah yang sangat membantu masyarakat dalam mendapatkan kepastian hukum terhadap kepemilikan tanahnya, dan semoga dengan adanya sertifikat tanah dari program PTSL ini masyarakat dapat terhindar dari masalah sengketa tanah.

Reporter : Zainal Ansori
Editor   : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"