Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA



Kamis, 25 Februari 2021

Perempuan Tani HKTI Pasuruan Serukan Gerakan Tanam Pohon Sebagai Wujud Cintanya Pada Lingkungan


Pasuruan, SNN.com - Perempuan Tani HKTI (Himpunan Kerukunan Tani Indonesia) Kabupaten Pasuruan yang diketuai oleh Hj Nikmah  Jamilah S.Pd, M.Pd.I. melaksanakan kegiatan tanam pohon sebanyak 21000 pohon bersama Kelompok Tani Rukun Maju Sejahtera yang diketuai oleh H Makhrus Solikin dan sebanyak 3000 pohon atas kerjasama dengan Perhutani.

Pentingnya menanam pohon guna menyelamatkan Bumi dari dampak aktifitas tuntutan perkembangan jaman, dicetuskan oleh H Makhrus Solikin, Ketua Kelompok Tani Rukun Maju Sejahtera binaan Perempuan Tani HKTI DPK Pasuruan Kabupaten.

Dampak dari polusi yang diakibatkan oleh mesin-mesin baik industri maupun kendaraan bermotor, diantaranya adalah meningkatnya temperatur. Juga eksplorasi air skala besar yang dimanfaatkan untuk keperluan industri berdampak pada berkurangnya persediaan air bawah tanah. Maka dari itu diperlukan konservasi yang salah satunya dapat dilakukan dengan cara menanam pohon.

"Dampak dari proyek unggulan yang sedang digalakkan itu, sudah seharusnya kita melakukan konservasi atas  pengambilan air bawah tanah.", kata H Makhruf Solikin dalam sambutannya.


Ketua Perempuan Tani Pasuruan, Hj Nikmah Jamilah S.Pd, M.Pd.I menerangkan,
"Mumpung di musim hujan, kita tingkatkan menanam pohon sebanyak-banyaknya agar ketika musim kemarau tiba, kita tidak kekurangan air.  Ini demi anak cucu kita tetap bisa menikmati buah-buah yang selalu kita tanam.", terangnya. (24/2/2021)

"Juga supaya hewan tidak kehabisan makanan.", imbuh Ning Mila, sapaan akrab perempuan yang nampak selalu enerjik, ramah dan begitu peduli terhadap lingkungan.

Pada program menanam pohon yang dilaksanakan pada Rabu tanggal 24 Februari 2021 itu, sebanyak 24000 pohon sedianya akan ditanamkan pada lahan seluas 22 hektar yang berlokasi di Puspo dan Tosari, Kabupaten Pasuruan Provinsi Jawa Timur.

Ketua DPP Perempuan Tani HKTI Jawa Timur, Dr Lia Istifhama menuturkan,
"Kegiatan Perempuan Tani HKTI Jatim salah satunya adalah wujud cinta kita pada lingkungan.", kata Ning Lia. (24/2/2021)

"Bahwasanya kita ada untuk memberikan manfaat bagi masyarakat dan lingkungan", imbuhnya.

Sebagai penutup, Lia mengatakan, "Kami hadir di sini juga untuk menjalin silaturahmi.", ucapnya.

Dalam kesempatan itu, turut hadir Danramil Puspo, Camat Puspo dan Kapolsek Puspo.

Reporter : Maya
Editor      : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"