Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA



Kamis, 25 Februari 2021

DPD APEDI DIY Terus Bergerak Membantu Percepatan Berkembang Dan Majunya Desa


Gunungkidul, SNN.com - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Asosiasi Pengusaha Desa Indonesia (APEDI) D.I.Yogyakarta akan terus bergerak membantu percepatan berkembang dan majunya desa (kalurahan). Untuk mencapai tujuan tersebut maka APEDI DIY berupaya secara masif dan entensif memperkuat jaringan baik secara internal maupun exsternal. Dari dalam APEDI terus meningkatkan kinerja pengurus baik di tingkat DPD maupun DPC, sedangkan secara exsternal terus berupaya menggandeng mitra kerja dengan pihak-pihak terkait. Diantaranya kemarin Selasa 23februari 2021, DPD APEDI DIY dan DPC APEDI Gunungkidul melakukan presentasi dihadapan seorang pelaku usaha bertempat di meeting room koprasi usaha bersama lantai dua komplek ruko Cebongan, Sleman, Yogyakarta dari jam 12:30 wib hingga pukul 15:30 wib.

Dalam presentasinya ketua DPD DIY M. Kholid Majid memaparkan beberapa program prioritas didalam mengangkat dan mempercepat majunya pembangunan desa (kalurahan). Setelah melakukan beberapa kali servai lapangan diberbagai desa, dilihat banyak sekali potensi desa yang bisa dikembangkan dan dipandang bisa membawa sebuah kemajuan baik sektor pariwisata, pertanian dan lainya. 

Menurut M. Kholid Majid pada dasarnya desa memiliki potensi sangat besar dan menarik, tidak kalah dengan kota. Hanya saja komunitas dan kesempatan tidak sebaik diperkotaan. Untuk itu APEDI ingin bersinergi dengan para pemodal bersama-sama membantu percepatan pembangunan desa (kalurahan). Guna menunjang percepatan tumbuhnya ekonomi desa, maka APEDI memiliki beberapa program diantaranya Jaringan desa on line (Jadol) dan membeli produks hasil pertanian, dian taranya ialah jagung. 

Untuk saat ini kami melirik wilayah Gunungkidul. Sebab kami lihat hampir seluruh kawasan pertanian disana tumbuh subur tanaman jagung. Sedang saat ini yg sudah melakukan MOU pemasangan jaringan internet desa sebagai pilot projek adalah kalurahan Dadapayu, kapanewon Semanu, Gunungkidul. Dengan internet desa ini nantinya sangat membantu lancarnya sebuah usaha bagi masyarakat. Dimana saat ini masih banyak sekali desa-desa yang susah mendapatkan akses internet. 

Yang sangat menarik perhatian Investor adalah APEDI telah mempersiapkan calon lahan untuk membangun jaringan bisnis terpadu di sebuah kompleks kampus di Gunungkidul. Nantinya bisa menjadi sentral usaha perdagangan berbasis UMKM dari daerah tersebut. Sehingga akan menampung banyak usaha-usaha kecil dan menengah untuk maju bersama. Hadir dalam acara tersebut diantaranya dari DPP APEDI, pengurus DPD APEDI DIY, Investor dan pengurus DPC APEDI Gunungkidul.

Reporter : Wajiyo
Editor      : Mas Pay

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"