Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA




Jumat, 12 Februari 2021

Polresta Probolinggo Donor Plasma Konvalesen


Probolinggo, SNN.com - Belasan personel Polres Probolinggo Kota yang menjadi penyintas COVID-19 melakukan donor plasma konvalesen. Anggota yang menjadi pendonor plasma konvalesen ini adalah anggota yang sudah sembuh dari COVID-19 sejak dua bulan terakhir.

Kapolres Probolinggo Kota AKBP R.M Jauhari S.H., S.I.K., M.Si membenarkan jika ada anggota polres Probolinggo Kota yang mengajukan diri untuk donor plasma konvalesen.

"Memang benar, anggota Polres sudah mengikuti screening guna melakukan donor plasma. Anggota yang mengikuti donor plasma tersebut adalah anggota yang sudah sembuh dari COVID-19 sejak 2 bulan terakhir," kata AKBP R.M Jauhari, Kamis (11/02/2021) pagi.

Tentunya, lanjut Kapolres, proses sebelum mengikuti donor plasma harus dilakukan proses screening terlebih dahulu. Proses screening ini, banyak sekali yang harus diikuti dan tim kesehatan yang mengerti bisa memutuskan apakah pendonor bisa atau tidak. Donor plasma konvalesen ini, menurutnya, sangat diharapkan dan bisa menjadi harapan bagi pasien COVID-19.

"Program dari bapak Kapolri, Kapolda agar anggota yang sudah sembuh dari COVID-19 melakukan donor plasma untuk membantu saudara kita yang terpapar COVID-19," kata R.M Jauhari.


Kapolres mengungkapkan puluhan anggota ini menjalani screening untuk mengetahui sejauh mana mereka memenuhi syarat sebagai pendonor plasma konvalesen. Hingga saat ini, Kapolres, baru ada 1 anggota yang sudah dinyatakan lolos screening dan bisa menjadi pendonor plasma konvalesen.

"Kalau yang sudah lolos, sampai saat ini sudah 1 anggota yang bisa mendonorkan plasmanya di RSUD Dr. Saleh.," imbuhnya.

Sementara itu, salah seorang anggota Polres Probolinggo Kota yang juga ikut dalam donor plasma konvalesen ini Bripka Fauzan mengakui kalau sudah bisa ikut berperan sebagai pendonor plasma konvalesen. Bripka Fauzan menyebut, ia sudah dinyatakan lolos screening dan bisa menjadi pendonor plasma.

"Alhamdulillah saya dinyatakan lolos untuk menjadi pendonor plasma konvalesen," katanya.

dr. Boby Mulyadi Sp.PK selaku Dokter Penanggung Jawab penanganan donor plasma konvalesen ( Ruang Aferesis ) mengucapkan terima kasih atas sumbangsih Polres Probolinggo Kota yang telah melakukan Donor Plasma.

"Mudah-mudahan plasma donor konvalesen ini membantu penanganan pasien covid lainnya yang ada di Kota Probolinggo", jelasnya.

Reporter : Arini
Editor      : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"