Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Sabtu, 05 Oktober 2019

Acara Adat Mewarnai Peresmian Gereja Santa Maria

Maluku Tenggara, SNN.com - Peresmian Gedung Gereja Santa Maria Pengantara Stasi Watngon di Desa Watngon Kecamatan Kei Kecil Timur pada Minggu (6/10/2019) besok dipastikan akan dihadiri oleh Uskup Amboina. MGR P. C Mandagi. M.SC bersama Bupati Maluku Tenggara Drs Hi.Taher Hanubun serta sejumlah pimpinan SKPD di Lingkungan Penda Maluku Tenggara.

Sebelum acara peresmian, warga desa lain yang kawin di desa Watngon membawa bantuan makanan (kubilubsek) khas Kei sebagai wujud tanda cinta kasih. Bahkan menurut warga Kei, tradisi ini diturunkan  para leluhur kepada generasi di Tanah Kei bukan hanya untuk acara peresmian gedung gereja atau sarana ibadah tetapi juga pembangunan rumah warga.

Terbukti pada Jumat (4/10) Kepala Ohoi Wulurat Kecamatan Kei Besar Donasius Sarkol bersama tua-tua adat serta warga lainnya menyeberang lautan dari tanah Kei Besar untuk membawa makanan (Kubil Ubsek) ke Ohoi Watngon di daratan Kei Kecil Bagian Timur Kabupaten Maluku Tenggara sebagai wujud tanda cinta kasih antara warga Ohoi Wulurat dengan Ohoi Watngon karena hubungan perkawinan antara Putri Ohoi Wulurat dengan pria Watngon.


Kepala Ohoi Wulurat Donasius Sarkol kepada wartawan sorotnuswantoronews.com di Ohoi- Ohoi Watngon menjelaskan, acara yang dilaksanakan ini merupakan Warisan para Leluhur kapada Generasi Kei untuk terus dilaksanakan. Warusan ini melambangkan cinta kasih yang tidak akan pudar antara orang Bersaudara di Tanah Kei. Dengan demikian kehidupan Masyarakat di tanah Kei ini saling Tolong menolong satu dengan yang lain.

"Kehadiran kami di Ohoi Watngon ini bertepatan dengan Peresmian Gedung Gereja Santa Maria Pengantara Stasi Watngon. Bahkan saat membawa makanan tersebut  dilakukan Dengan Tarian masuk sampai ke rumah Kepala Ohoi Watngon selaku Pemangku Hukum Adat,"ujarnya.

Kepala Ohoi Wulurat ini kembali menjelaskan, Sekalipun dirinya selaku Kepala Ohoi  tetapi Kepala Ohoi menunjuk Herman Sarkol sebagai pimpinan rombongan menuju Ohoi Watngon.

Reporter : Buyung
Editor     : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"