Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Minggu, 25 Oktober 2020

Bantuan JPS Padat Karya Sanitasi Lingkungan Di Soko - Tuban Diserahkan Menaker Dan Mendes PDTT


Tuban, SNN.com - Menteri Ketenagakerjaan ( Menaker ) Dr. Hj.Ida Fauziyah, M.Si dan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi ( Mendes PDTT )  Dr. ( H.C. ) Drs. Abdul Halim Iskandar, M.Pd hadiri peluncuran program kolaborasi Kemendes PDTT dan Kemnaker yaitu membangun Sanitasi berupa sarana air bersih dan MCK ( mandi, cuci, kakus ) di Desa melalui program Jaring Pengaman Sosial ( JPS ) Padat Karya Sanitasi Lingkungan. Di Desa Pandanagung Kecamatan Soko Tuban, Sabtu ( 24/10/2020 ).

Wakil Bupati Tuban, Ir. H. Noor Nahar Hussein M.Si dan Ketua DPRD Tuban H.M. Miyadi, S.Ag, MM. menyambut kedatangan dua Menteri ini secara langsung. 

Dalam sambutannya, Wakil Bupati memberikan apresiasi dan mengucapan terima kasih atas bantuan yang di berikan untuk masyarakat Tuban, utamanya di Desa Pandanagung Kecamatan Soko.

" Bantuan berupa Padat Karya sanitasi lingkungan ini sangat berguna bagi masyarakat Soko, karena Kecamatan yang berbatasan dengan Kabupaten Bojonegoro ini termasuk nomor tiga jumlah penduduk terbanyak se - Kabupaten Tuban, jadi sangat tepat bantuan di serahkan di sini." papar Wabup. 


Sementara itu Menaker RI, Ida Fauziyah menjelaskan bahwa di masa pandemi Covid -19 selain progam kartu Prakerja dengan alokasi 20 triliun rupiah. Pemerintah Pusat juga telah menganggarkan 500 miliar rupiah untuk di alokasikan  kepada pekerja formal dan informal yang saat ini terdampak Covid -19. 

" Ada alokasi 500 miliar rupiah melalui JPS progam Padat Karya, baik infrastruktur atau Padat Karya produktif. Untuk yang di serahkan hari ini adalah JPS Padat Karya produktif sanitasi lingkungan dan air untuk masyarakat Desa," paparnya.

Dalam kunjungan kerjanya kali ini, Menaker Ida Fauziyah juga menyerahkan simbolis bantuan JPS untuk masyarakat Desa perwakilan Kabupaten Tuban agar tepat sasaran.
 
" Kalau dari data, yang membutuhkan bantuan jumlahnya ribuan, akan tetapi yang kami prioritaskan untuk di bantu adalah Desa - Desa yang membutuhkan sanitasi lingkungan agar lingkungan semakin sehat," tambah Menaker Ida Fauziyah.

Sementara itu, Mendes PDTT, Abdul Halim Iskandar juga mengapresiasi dan bersyukur atas kerja sama yang baik dengan Kemnaker atas program JPS untuk Desa - Desa wilayah Indonesia yang berjalan dengan baik. 

" Lebih banyak bantuan yang di berikan lebih bagus. Saya siap mendampingi bu Menaker untuk menyerahkan bantuan. Karena sesungguhnya yang di untungkan adalah masyarakat Desa. Dengan bantuan ini Desa akan lebih cepat sejahtera," kata Mendes PDTT di sambut tepuk tangan undangan yang hadir.


Mendes PDTT yang biasa di sapa Gus Menteri ini menambahkan bahwa Program pembangunan MCK dan sarana air bersih ini sejalan dengan salah satu tujuan  SDGs ( sustainable development goals ) Desa yang menjadi program prioritas Kemendes PDTT.

" Program ini nantinya dapat membantu Indonesia untuk bisa mencapai tujuan pembangunan SDG'S yang keenam, yakni menjadikan Desa layak air bersih di Indonesia." terangnya. 
 
Pada kegiatan yang berlangsung dengan Protokol Kesehatan ini, dilaksanakan juga peletakan baru pertama pembangunan sanitasi sarana air bersih dan MCK oleh Menaker, Mendes dan Wabup Tuban. 

Nampak hadir dalam penyerahan JPS Padat Karya sanitasi lingkungan ini, Sekjen dan Dirjen Kemnaker RI, Forkopimka Kecamatan Soko, OPD terkait serta perwakilan masyarakat setempat.

Reporter : Agus
Editor      : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"