Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Senin, 19 Oktober 2020

Cinta Budaya Anak Muda Berkarya, RRI Sendawar : Pelopor Seni dan Budaya


Kutai Barat SNN.com - Peringati Hari Sumpah Pemuda ke-92 pada 28 Oktober 2020 Radio Republik Indonesia (RRI) Studio Produksi Sendawar - Kutai Barat (Kubar) Kalimantan Timur menyelenggarakan pentas seni pagelaran Budaya di halaman kantor RRI Sendawar Barong Tongkok, Sabtu (17/10/2020).

Kepala Lembaga Penyiaran Publik (LPP) RRI Samarinda Rahma Juwita, S,Sos.M.Si menyebutkan, pagelaran budaya ini salah satu tugas Lembaga Penyiaran Publik (LPP) RRI sebagai media pelestari budaya.

“Tugas RRI itu adalah menghadirkan program-program yang mengedukasi masyarakat serta memberikan informasi terkait budaya. Meski pagelaran ini tidak menghadirkan orang tetapi kita laksanakan secara virtual sehingga para pencinta budaya tahu tentang budaya-budaya kita baik di Kutai Barat khususnya maupun di tingkat Nasional dan internasional pada umumnya terus kita lestarikan,”ucap Rahma Juwita.

Rahma mengatakan, pagelaran yang bertema “Cinta Budaya, Anak Muda Berkarya” itu diangkat agar mereka semakin mencintai warisan budaya leluhurnya.

“Anak-anak muda kita perlu di dorong terus agar lebih mengenal dan tahu bahwa budaya kita patut kita banggakan dan harus menjadi ‘Tuan Rumah di Negeri sendiri,”ujarnya.
  
Rahma Juwita, berkelahiran Palembang 1972 ini menginginkan RRI SP Sendawar menjadi bagian untuk menyebarkan informasi, menyajikan hiburan yang sehat kemudian pendidikan dan melestarikan budaya bangsa.

“Saya datang ke Kubar ini ingin melihat secara langsung kegiatan ini dan saya berharap agar masyarakat di Sendawar melihat ini sebuah tontonan yang memberikan edukasi terkait budaya yang perlu kita lestarikan,”tegas Rahma.


Pagelaran budaya yang di gagas RRI ini menampilkan tarian daerah khas suku Dayak Kubar, Lagu etnik dan pembacaan puisi.
Acara ini tidak menghadirkan penonton guna mengantisipasi penyebaran covid-19. Dan seluruh pengisi acara, kru dan panitia menerapkan protokol Kesehatan dengan 3M, menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

Reporter : Johansyah
Editor      : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"